Tabuh Genderang Jelang Pemilukada NTB 13 Mei 2013

 

(Dikutip dari Lombok Post edisi 7 Februari 2013)

Isu good governance sebanyak 99,34 %, dan isu lingkungan hidup  0,66% dari  151 total jumlah berita yang terpantau dari 4-9 Februari 2013. Dari sekian banyak isu good governance yang terpantau berita tentang Pemilukada NTB menjadi pokok berita yang paling banyak dibahas kedua media.

Pasca penetapan paket TGB M Zainul Majdi–HM Amin (TGB –Amin), seluruh pimpinan partai politik pendukung melakukan pertemuan, Sabtu lalu (2/2). Cagub TGB meminta seluruh partai menjaga soliditas  konstituen  masing-msing. Paket ini akan menggelar deklarasi tanggal 6 Februari di Lombok Timur. Pertemuan sekitar dua jam ini di hadiri oleh pimpinan 7 parpol pendukung masing-masing Partai Golkar, Partai Demokrat, PDI-P, PAN, PPP, Gerindra dan PKB. (Radar Lombok 4 Februari 2013).

Tahapan pemilukada gubernur/wakil gubernur akan memasuki tahapan menentukan, yakni pendaftaran pasangan calon yang akan digelar hingga 11 Feberuari. Bagi kandidat pasangan calon yang akan mendaftar akan dilayani pada jam kerja, sejak pukul 07.30-16.00 Wita di kantor KPU  NTB. “hari terakhir, pendaftaran kami buka hingga pukul 24.00 Wita,” beber Ketua KPU NTB Fauzan Khalid kepada  Lombok Post, kemarin. ( Lombok Post 4 Februari 2013).

Puluhan massa yang tergabung dalam gerakan pilkada bersih  anti kampanye busuk, menggelar aksi menolak cara-cara kampanye hitam di pilkada NTB. Massa yang tergabung terdiri dari PMII, Himmah NW dan M16 mendatangi kantor KPUD dan Bawaslu NTB, Senin kemrin (4/2).

Bertepatan dengan peringatan hari Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, tanggal 24 Januari lalu, pasangan  KH Zulkifli Muhadli-Prof Muahmmad Ichsan secara resmi deklarasi. Ribuan warga tumpah ruah menghadiri deklarasi  pasangan  tersebut di Narmada Convention Hall, Mataram. Paket itu diusung dan didukung oleh empat partai politik  PBB, PKNU, PKPB dan PPPL. Pondok Pesantren Yatofa Bodak, Lombok Tengah secara terbuka memberikan dukungan.  (Radar Lombok 5 Februari 2013).

Ketua KPU NTB Fauzan Khalid mengatakan, pihaknya memperketat persyaratan pendaftaran pasangan calon gubernur/wakil gubernur. Saat mendaftar pasangan calon harus melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditentukan. Selain itu, Ketua dan Sekretaris parpol pendukung wajib hadir  untuk mendampingi  kandidat  yang diusung.

Dua kandidat pasangan calon gubernur/wakil gubernur, yakni  HARUM dan TGB-Amin  akan mendeklarasikan pencalonan  di dua tempat berbeda, hari ini. Pasangan HARUM (H Harun Al-Rasyid-HL Abdul Muhyi Abidin) akan deklarasikan di Lapangan Umum  Mataram. Sementara pasangan TGB-Amin  (Tuan Guru Bajang/Dr TGH M Zainul Majdi- HM Ainn) akan deklarasi di Lapangan Umum Selong. (Lombok Post 6 Februari 2013).

Pasangan bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dan H Muhammad Amin bertekad melanjutkan ikhtiar pembangunan untuk mengangkat  kesejahteraan  masyarakat dan kemajuan  daerah. Hal ini ditegaskan pasangan TGB-Amin saat  menyampaikan orasi  politik di hadapan belasan ribu  massa, para pimpinan parpol, dan tokoh yang hadir  dalam deklarasi di Lapangan Tugu Selong, kemarin.(Lombok Post 7 Februari 2013).

Keberanian pasangan Lalu Ranggalawe-Muchlis Ahmad atau yang populer disebut paket Laris, patut diapresiasi. Pasangan tersebut dinilai sangat berani memutuskan ikut serta bertarung dalam pilkada NTB. “Keberanian mereka patut kita hargai,” kata pengamat poliitk Universitas Muhammadiyah Mataram, Drs. Abdurrahman, M.Si kemarin. Apalagi pasangan Laris merupakan pasangan yang pertama kali memcahkan kebuntuan  politik di NTB dengan mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur NTB. (Radar Lombok 8 Februari 2013).

Empat kandidat sudah melakukan deklarasi sikap, sebagai kandidat peserta dalam Pemilukada Gubernur. Tiga di antaranya merupakan kandidat pasangan calon yang diusung partai politik, yakni Kyai Zulkifli Muhadli dan Prof HM Ichsan atau dikenal dengan sebutan Zulichsan, H Harun Al Rasyid dan HL Muhyi Abidin dengan sebutan populer HARUM, serta kandidat Gubernur petahana TuanGuru Bajang TGH M Zainul Majdi dengan H. Muhammad Amin (TGB-Amin). dan satu kandidat dari jalur perseorangan , yakni Lalu Ranggalawe-HA Muchlis atau dikenal dengan paket LARIS. (Lombok Post 8 Februari 2013).

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB masih menjadi jualan utama para kandidat pasangan calon gubernur/wakil gubernur dalam pemilukada. Tidak mau kalah dengan semangat mendorong perubahan yang digencarkan kandidat lain, pasangan  Zulichsan (Zulkifli Muhadli-HM Ichsan) juga meneguhkan tekad yang sama. Yakni mengerek IPM NTB lebih tinggi dibandingkan daerah lain. (Lombok Post 9 Februari 2013).

Dari hasil pemantauan kedua media lokal Lombok, pemantau tidak menemukan adanya perilaku media yang berlebihan dalam memberitakan berita-berita yang tersaji dari 4 sampai dengan 9 Februari 2013.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //