Meningkatnya Popularitas Isu Ham, Namun Hilang Isu Perempuan

Oleh / pada 4 Februari 2013 / di DKI Jakarta, Good Governance // Belum ada komentar

Hasil pemantauan media lokal di Jakarta yang diwakili surat kabar Berita Kota dan Warta Kota terhimpun 102 berita sejak tanggal 13 – 19 Agustus 2012. Dari jumlah keseluruhan terdiri dari 57,8 persen isu good governance, 21,6 persen isu kriminalitas, 15,7 persen isu HAM, 4,9 persen isu lingkungan hidup dan 0 persen isu perempan dan/atau anak.

Kereta melintas di Lenteng Agung, Jakarta Selatan dari Bogor menuju Jakarta Kota pukul 14.00 (02/02/13).

Menarik dalam minggu ini, kedua surat kabar yang diasuh oleh grup yang sama secara drastis meningkatkan isu HAM hingga dua kali lipat dari biasanya. Isu tersebut meliputi dari kabar protes penumpang kereta di hadapan menteri (Senin, 13 Agustus 2012: Warta Kota, 4 Penumpang Ngamuk di Depan Menteri), report atas iklan klinik alternatif yang dianggap menyesatkan (Selasa, 14 Agustus 2012: Berita Kota, Testimoni Klinik TCM Dituding Menyesatkan), hingga kabar pemudik yang terlantar (Sabtu, 18 Agustus 2012: Berita Kota: Ratusan Pemudik Terlantar). Namun dari meningkatnya isu itu pun menjadi hilang isu perempuan dan/atau anak dengan kemunculuan tidak ada sama sekali. Kalaupun ada, isu itu diulas sebagai informasi kriminal (Senin, 13 Agustus 2012: Berita Kota, Dua Perempuan Dikubur Satu Liang Dalam Rumah).

Kemudian secara keseluruhan masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya. Kabar perpolitikan masih mendominasi isui-isu lainnya. Dalam minggu ini ada beberapa fokus kedua redaksi tersebut, di antaranya tentang proses penyidikan suap simulator SIM yang melibatkan Jenderal Polri (Senin, 13 Agustus 2012: Berita Kota, Sudah 3.000 Orang Ajukan Petisi Simulator SIM ) dan kabar tentang munculnya isu SARA saat proses Pemilukada DKI Jakarta berlangsung yang menjerat nama Raja Dangdut Indonesia, Rhoma Irama (Senin, 13 Agustus 2012: Warta Kota, Panwaslu Putuskan Rhoma Tidak Bersalah). Dan pada akhir pekan terselip berita tentang prestasi KPK yang menciduk dua hakim seusai apel hari kemerdekaan (Sabtu, 18 Agustus 2012: Berita Kota, Usai Apel 17-an, DUa Hakim Suap Diciduk KPK).

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //