Terduga Teroris Masih Berkeliaran

(Di kutip dari Lombok Post edisi 8 Januari 2013)

Dari 7 sampai 12 Januari 2013 terdapat 128 berita yang terpantau pada kedua media lokal Lombok (Radar Lombok dan Lombok Post). Isu good governance sebanyak 93,33 %, isu kriminal 0,74%, dan lingkungan hidup sebanyak 5,93%.   Dari sekian banyak berita yang terpantau terdapat beragam berita, namun dari hasil pemantaun, berita tentang “Terduga  Teroris Masih Berkeliaran” menjadi berita yang  paling banyak dibahas dalam sepekan ini.

Terduga Teroris yang ditembak mati tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri, tidak hanya di Bima tapi juga di Dompu. Lima teroris tewas saat penangkapan di dua lokasi, yakni Jumat malam lalu (4/1) dan Sabtu pagi (5/1). Dua tewas dan satu meloloskan diri dalam kontak senjata di perbatasan Kabupaten Dompu dan Bima. Sementara tiga nyawa melayang dalam kontak senjata di Kabupaten Dompu serta satu meloloskan diri., apalagi ke Poso,” bantah Nurainai, di kediamannya, kemarin. (Radar Lombok 7 Januari 2013).

Salah satu dari dua orang terduga teroris yang ditembak Densus 88 di Desa Manggelewa, Kabupaten Dompu, Jumat lalu (4/1) teridentifikasi atas nama Bahtiar, warga Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Informasi yang diperoleh Radar Tambora, Bahtiar bersama seorang rekannya yang diduga anggota jaringan teroris yang melarikan diri dari Poso, itu ditembak saat mengendarai sepeda motor Honda Supra X 125. Keduanya diduga memberikan perlawanan saat akan ditangkap, sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan  timah panas. Tewasnya Bahtiar ,35 tahun oleh Densus 88 dibenarkan oleh keluarganya. Namun tuduhan bahtiar sebagai anggota jaringan teroris sebagaimana disebut Mabes Polri, dibantah isterinya Nuraini. “Suami saya bukan teroris. Selama ini hanya berjualan jajanan, tidak pernah keluar daerah (Lombok Post 7 Januari 2013).

Meski telah mendapat tangkapan besar, Tim Densus 88 belum beranjak dari wilayah Bima dan Dompu. mereka masih memburu sejumlah terduga teroris yang berhasil meloloskan diri saat penggerebekan. Kemarin, sejumlah Tim Densus 88 bersama Brimob dan personel Polres Dompu menyisisr sejumlah lokasi yang dicurigai sebagai tempat pelarian terduga. Salah satu lokasi yang disisir adalah Gunung Trei di Kecamatan Woja. (Lombok Post 8 Januari 2013).

Penyergapan terduga teroris di Dompu selain menewaskan tiga pelaku, polisi menyita 50 kg bom siap ledak. Bom sebanyak itu siap akan diledakkan para terduga teroris di sejumlah objek vital di Bima dan Dompu. (Radar Lombok 9 Januari 2013).

Markas Polisi kini semakin diperketat, lantaran masih ada dua terduga teroris yang belum berhasil ditangkap saat pengerebekan di Bima dan Dompu. Peningkatan pengamanan ini terlihat di pintu masuk Polda NTB. Anggota Polisi dan warga umum diperiksa ketat menggunakan metal detektor. Kendaran pun diperiksa secara detail. Wartawan yang sehari-hari meliput di Polda juga tidak luput dari pemeriksaan. (Radar Lombok 11 Januari 2013).

Perburuan terduga teroris oleh Tim Densus 88 di Bima dan Dompu yang berujung tewasnya lima orang terus menuai kecaman. Alasannya, beberapa orang yang ditembak mati sama sekali belum terbukti terlibat terorisme. Hasil investigasi awal yang dilakukan Tim Pencari Fakta  & Rehabilitasi (TPFR) Bima-sebuah lembaga yang dibentuk untuk mengungkap   kasus terorisme Bima–menemukan sejumlah kejanggalan. (Lombok Post 11 Januari 2013).

Selain berita teroris, kedua media lokal Lombok juga banyak membahas berita tentang pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang semakin dekat serta keadaan cuaca yang mengakibatkan beberapa kejadian di wilyah NTB.

Dari sekian banyak berita yang terpantau. Pemantau tidak menemukan adanya perilaku yang menyimpang.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //