Awal Kampanye, Politikus Tanggap Suara

Oleh / pada 1 Februari 2013 / di DKI Jakarta, Good Governance // Belum ada komentar

Hasil pemantauan media lokal di Jakarta yang diwakili surat kabar Berita Kota dan Warta Kota terhimpun 114 berita sejak tanggal 28 Mei – 3 Juni 2012. Dari jumlah keseluruhan terdiri dari 62,3 persen isu good governance, 24,6 persen isu kriminalitas, 7 persen isu HAM, 2,6 persen isu lingkungan hidup dan 3,5 persen isu perempan dan/atau anak.

Tidak beda seperti minggu-minggu sebelumnya, isu perpolitikan baik lokal maupun nasional masih menjadi sajian yang mendominasi. Dalam hal ini, kedua surat kabar itu mengawalinya dengan berita pendapat Jusuf Kalla tentang Pemilukada DKI Jakarta (Berita Kota, 28 Mei 2012: Kalla: Jakarta Butuh Pemimpin yang Kuat). Berita pendapat terus dihadirkan pada minggu ini, hingga pada pertengahan Bang Yos atau Sutiyoso yang pernah menjadi Gubernur DKI juga melayangkan dukungannya pada salah satu pasangan calon, yaitu Foke dan Nara (Kamis, 31 Mei 2012: Berita Kota, Didukung Bang Yos, Fauzi Bowo Yakin Menang dan Warta Kota: Bang Yos: Fauzi Bowo Harus Tepati Janjinya). Dan pada akhir pekan berita perpolitikan ditutup dengan informasi sejumlah pihak berkepentingan dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012 yang melangsungkan protes kepada KPU DKI untuk segera membereskan Daftar Pemilih Tetap (DPT) (Minggu, 3 Juni 2012: Berita Kota, Lima Timses Cagub Tolak Penetapan DPT dan Warta Kota, KPU DKI Tetapkan 6.9683.692 Pemilih).

Selanjutnya isu yang juga mendominasi adalah kriminal, tapi dalam hal ini kedua surat kabar juga tidak member fokus mendalam. Peristiwa datang silih berganti bergitu saja. Di antaranya yang sempat muncul adalah kabar tertangkapnya salah satu pembunuh Djuli Elvano (cameramen TVRI) (Senin, 28 Mei 2012: Berita Kota, Penembak Djuli Masih Keliaran), ditembakmatinya seorang Bandar narkoba (Kamis, 31 Mei 2012: Berita Kota, 23 Kg Sabu Super Disita, Bandarnya Ditembak Mati dan Warta Kota, Bandar Narkoba Mati Didor), serta penangkapan lima supporter Persija Jakarta yang mengeroyok supporter Persib Bandung hingga tewas (Sabtu, 2 Juni 2012: Berita Kota, Lima Pembunuh Tiga Suporter Digulung Polisi dan Warta Kota, Lima Pengeroyok Bobotoh Ditangkap).

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //