Seremoni Politik

 

Hasil pantauan minggu lalu (10 – 15 September 20120, good governance menjadi isu paling dominan di koran lokal kabar Banten dan Banten Raya (56, 68% dari jumlah total berita).

Sumber foto dikutip dari media Banten Raya

Kedua media lokal Banten mengangkat isu pada tanggal 13 September 2012 halaman 5 kolom 3-6, memuat acara seremonial politik yang isinya kurang memiliki muatan pemilukada. Kedua media lokal Banten memuat berita yang isinya kurang lebih sama mengenai acara-acara politik kampanye bakal calon bupati. Kali ini koran Kabar Banten memuat berita klarifikasi dukungan PDI Perjuangan terhadap Iti Octavia-Ade pada pemilukada Lebak yang akan diselenggarakan tahun depan. Dalam berita ini mengutip pernyataan pada pemberitaan yang isinya tidak mau menyebutkan ada apa dibalik mobilisasi dukungan terhadap Iti Octavia ungkap ketua DPC PDI Perjuangan Lebak Ade Sumardi dan Ketua DPC Demokrat Lebak, Oktavia Jayabaya (anak dari bupati Mulyadi Jayabaya-red). Sedangkan ketua DPC PDI Perjuangan menyatakan bahwa ada indikasi mobilisasi dukungan yang tidak sejalan atau sangat jauh dari ideologi partai. Intinya pemberitaan ini menarik kembali pernyataan semu aksi mereka atas acara konsolidasi dukungan di Gedung Juang minggu yang lalu. Meski belum mendapat mandat dari para petinggi partai di tingkat provinsi dan pusat, pernyataan dukungan terhadap Iti-Ade sudah dilayangkan ke publik. Isu menduetkan pasangan PDIP dan Partai Demokrat untuk menghadapi Pilkada Lebak kian kuat di media. Masih dalam berita yang sama, sekretaris DPC PDIP Lebak membenarkan sudah melakukan kesepakatan lebih awal untuk menanda tangani surat dukungannya untuk Iti-Ade.

Sedangkan  koran Banten Raya pada tanggal 14-September 2012 memuat berita di halaman 9 kolom 3-6 dengan judul “Camat dan Warga dukung Iti”. Isi beritanya memuat tentang dukungan camat Lebak Gedong yang memberikan pernyataan dukungan penuh terhadap pasangan bakal calon bupati lebak Iti-Ade. Pernyataan itu dikatakan dalam acara penyerahan bantuan dan peresmian Masjid Jami Al-Hidayah dari bupati di kampung ci Nyiru Desa Banjaririgasi, Kecamatan Lebak Gedong. Dalam acara tersebut, bupati Mulyadi Jayabaya secara tidak langsung menghimbau kepada warga untuk mendukung Iti Octavia dalam pernyataanya, yakni “mari sama-sama kita mengawal  dan mendukung ibu Iti untuk melanjutkan pembangunan kabupaten Lebak”.

Berdasarkan hasil pantauan selama satu minggu penulis membaca bagaimana cara pemberitaannya, media-media masa lokal banten sepenuhnya telah memberikan porsi lebih untuk pemberitaan kasak-kusuk pemilukada. Pembentukan isu yang isinya tentang pencalonan bupati dan agenda Bupati Jayabaya. Berita-berita di kedua media sangat agresif dan serius mendukung pasangan terkuat, yakni Hj.Iti Octavia Jayabaya-H.Ade Sumardi.

Selama sepekan pemantauan, tidak di temukan indikasi dari perilaku wartawan yang mengarah kepada penyimpangan.[fs]

 

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //