LATSITARDA NUSANTARA KE-33

 

(Dikutip harian Lombok Post edisi 19 November 2012)

 

selama sepekan pemantauan media Lombok yakni Radar Lombok dan Lombok Post. Isu good governance masih menempati urutan teratas, yakni sebanyak 99,28 % dan isu lingkungan hidup sebanyak 0,72  %  dari 139 total jumlah berita yang terpantau. Latsitarda Nusantara Ke-33 menjadi titik fokus pemberitaan kedua media.

Latihan Integrasi Taruna Wredha (Latsitarda) Nusansantara ke-33 resmi dibuka Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, di Lapangan Sangkareang Mataram Minggu (18/11). Provinsi NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan Latsitarda ke -33 tahun 2012 yang akan digelar  selama satu bulan  dari tanggal 18 November -19 Desember 2012. Lokasi penyelenggaraan  tersebar di semua kabupaten  kota di Pulau Lombok. Pesertanya diikuti dari taruna akademik militer, taruna akademik kepolisian, dan taruna IPDN. Sekitar 1.200 peserta akan berbaur secara langsung dengan masyarakat di lokasi penyelenggaraannya. Oleh karena itu, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi memberikan pembekalan terkait tentang NTB sebelum para peserta terjun secara langsung berbaur dengan masyarakat. “Saudara-saudara ini merupakan putra-putri terbaik bangsa yang terpilih bisa mengenyam pendidikan taruna. Apakah taruna militer, taruna kepolisan dan taruna IPDN,” ujarnya. Gubernur menuturkan, “Saya dulu pernah bercitapcita ingin menjadi tentara. Tetapi tidak kesempaian, He..malah sekarang diberikan amanat oleh masyarakat NTB,” tutur Majdi.(Radar Lombok, Senin 19 November 2012).

NTB punya agenda pembangunan yang harus dituntaskan terutama pembangunan ekonomi dan sosial. Pembangunan ekonomi dan sosial tidak bisa dipisahkan secara eksak, karena pembangunan ekonomi akan mempengaruhi struktur sosial. Pembangunan di NTB antara lain ditunjukkan untuk menurunkan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi dibandingkan rata-rata nasional. Namun progres penurunan angka kemiskinan selama kurun waktu 4 tahun terakhir adalah penurunan terbesar nomor 4 secara nasional. Hal tersebut dsampaikan oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M .Zainul Majdi di hadapan para taruna/taruni peserta Latsitardanus XXXIII di Aula Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB di Mataram. ( Lombok Post, Senin 19 November 2012).

Dari isu-isu yang terpantau pada kedua media lokal selama sepekan ini, isunya bermacam-macam. Namun, isu tentang Latsitarda Nusantara Ke-33 paling banyak dimuat, yakni pada tanggal 19 November dari kedua media sebanyak empat berita. Sedangkan berita-berita yang lain ada yang berjumlah tiga, dua, satu selama sepekan ini.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //