Isu Lingkungan Hidup Menjadi Urutan Kedua

Isu Lingkungan Hidup Menjadi Urutan Kedua

Isu Lingkungan Hidup Menjadi Urutan Kedua

Masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pemantauan Radar Jember 10 – 16 September 2012 didominasi oleh isu Good Governance. Total isu yaitu 70% dari total berita. Isu  Good Governance lebih kepada pembangunan jembatan gantung di Ambulu yang ditemukan material besi berkarat. Selain itu juga terdapat berita penolakan mini market berjejaring oleh warga.

Berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya, kali ini isu Lingkungan Hidup menjadi urutan kedua setelah Good Governance, yaitu 20% dari total berita. Minggu ini isu Kriminalitas menjadi urutan ketiga, yaitu 10% dari total berita. Untuk  isu HAM, Perempuan Dan/Anak minggu ini tidak muncul sama sekali.

Dalam pemberitaan pembangunan jembatan gantung di Ambulu yang menghubungkan Desa Sabrang dengan Desa Sumberejo ditemukan material berkarat. Masyarakat tetap mengharapkan pembangunan jembatan ini dilakukan. Namun, mereka menginginkan kualitas jembatan harus naik.

Hal ini mendapat perhatian dari Dinas PU Binamarga Jember yang memerintahkan pemborong yang mengerjakan jembatan gantung untuk mengganti besi lama dengan yang baru. Masyarakat juga ikut menyaksikan pembongkaran kerangka jembatan yang sudah jadi tersebut.

Beralih pada berita mini market berjejaring. Warga Gumuk kerang memasang banner penolakan mini market berjejaring yang masuk proses finishing di lingkungannya. Hal ini dilakukan karena protesnya tidak ditanggapai Pemkab Jember.

Isu Lingkungan Hidup pada Radar Jember minggu ini lebih kepada Sungai Bedadung yang membelah kawasan kota penuh dengan sampah di kanan dan kiri sungai. Pasalnya, kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah ke sungai tersebut tidak juga hilang.

Selain itu juga berita kekeringan yang melanda kawasan pinggiran di beberapa kecamatan di Panti mengancam petani. Tak hanya tanaman padi yang kekurangan air, tanaman jeruk juga mengering. Agar tak terlambat, para petani berusaha mengairi sawahnya dengan menggunakan pompa air yang diambil dari sungai Dinoyo.

Sedangkan pada jemberpost.com, berita hanya dapat diakses pada tanggal 10 dan 12 September 2012. Isu yang mendominasi masih pada isu Good Governance.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //