Figur-Figur Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Pada Pilkada NTB 2013

(Dikutip dari Lombok Post 2 Julli 2012)


 

Pada minggu pertama bulan Juli 2012, isu good governance mendominasi media lokal Radar Lombok dan Lombok Post. Sebanyak 114 jumlah berita terbagi dalam isu good governance 98,25%, isu kriminal 0,88%, dan 0,88% isu lingkungan hidup. Isu good governance yang terkait dengan pemberitaan Figur-Figur Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Pada Pilkada NTB 2013 mendatang, yang paling banyak  di bahas pada pemberitaan minggu ini.

Ekalasi politik di NTB belum membuka peluang figur-figur pulau Sumbawa memimpin NTB. Peluang figur dari Pulau Sumbawa khususnya Bima menjadi Gubernur belum memiliki kans. Selain tidak adanya figur yang kuat, orang Bima dinilai sangat sulit untuk menang. Pemilih dari BIma masih kurang dibanding suara Lombok yang memang medominasi masyarakat NTB. Beberapa figur yang terdengar akan maju diantaranya Prof Farouk Muhammad. (Radar Lombok  2 Juli  2012).

Tak mau kalah dengan partai-patai lain, Partai Nasdem  mulai menggadang-gadang figur yang akan dijagokan pada pemilihan Gubernur NTB 2013 mendatang. Partai sebutan Surya Paloh itu memilih tiga nama beken yang akan dicalonkan dari jalur independen. Mereka adalah Drs H Harun Al Rayid MSi, Mayjen Drs Lalu Supartha dan Drs H Bonyo Thamrin Rayes.  (Lombok Post 2 Juli  2012).

Jelang dimulainya tahapan Pimilukada 2013 pada November mendatang, belum banyak calon gubernur maupun calon wakil gubernur yang menyatakan kesiapannya untuk maju. Untuk Cagub, sejauh ini baru KH Zulkifli Muhadli dan H Sunardi Ayub yang secara tegas menyatakan kesiapannya untuk maju melalui media. Keduanya sudah menempatkan satu kaki sebagai cagub, karena didukung oleh partainya masing-masing. KH Zul didukung PBB sedangkan Sunardi didukung Partai Hanura. Beberapa lainnya masih disebut-sebut bakal maju, namun belum memberikan ketegasan.(Lombok Post 7 Juli 2012).

Dari tanggal 2 sampai dengan 7 Juli 2012 isu good governance paling banyak dibahas yang berjumlah 112 berita, sekitar 98,25%, dan sisanya yakni isu kriminal 1 berita, sekitar 0,88% dan lingkungan hidup 1 berita sekitar 0,88%.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

18 Komentar pada "Figur-Figur Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Pada Pilkada NTB 2013"

  1. Rahman 21 Agustus 2012 pukul 06:55 · Balas

    Siapapun yang jadi calon Gub. kami siap dukung yang penting programnya ke depan keberpihakan kepada rakyat secara merata….

  2. arif 14 September 2012 pukul 06:49 · Balas

    semoga gub. yang akan datang program-programnya akan lebih baik dari gub. saat ini,sehingga ntb bersaing semakin maju.

  3. firman 14 Oktober 2012 pukul 21:05 · Balas

    kami yg jauh mrantau melanjutkan studi ke s2 biasanya thun2 yg lalu ada beasiswa 12 jt dr gubernur ntb melalui dikpora ntb ko skarang da kmana neeeee??? yooo ntb dr awal tgb dngan gamblang pppppppeningkatan pdi bidang ppendidikan merupakan harga mati??? kami butuh bukti bukan janji ppolitik karena janji ppolitik merupakan janji iblis.

  4. NURHIKMAH 31 Oktober 2012 pukul 12:21 · Balas

    Siapapun calon kandidat Gubernur NTB tahun 2013 – 2018 adalah figur terbaik NTB yang tau kondisi daerah dari ujung pelabuhan lembar (lombok barat) hingga ujung pelabuhan Sape (Bima), yang bisa bertindak adil dalam melaksanakan pembangunan terutama sektor unggulan dan andalan daerah, sehingga NTB mampu bersaing dengan provinsi lain di Indonesia. Tidak lagi ENTEBE sebagai provinsi yang memiliki indeks IPM terendah (nomor buncit 32) dari 33 provinsi yang ada. Kebijakan pemerintah yang sudah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten se NTB sdh berjalan seperti pendidikan gratis (12 tahun untuk KSB), pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan miskin, kesehatan gratis, akses permodalan bagi petani, UKM melalui dana stimulus. Tugas pemerintah Provinsi hanya memperkuat kebijakan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kota dan bukan membuat kebijakan sendiri tanpa mendukung pembangunan yang ditetapkan Kabupaten / Kota di NTB. Salah satu contoh misalnya Kabupaten di NTB menetapkan pariwisata sebagai sektor andalan dan unggulan, maka peran Provinsi mendukungnya dengan memberikan sharing pembiayaan ke Kabupaten tsb. sehingga muncul kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten dalam memajukan NTB.

  5. kuni 27 Desember 2012 pukul 06:19 · Balas

    tak st pun yg pantas jd gub.smua punya kasus yg siap diglandang kpk ato mrk ini org 2 hanya haus kuasa rakyat hanya alat mrk dg uangnya mrk mampu membli suara sadarlah wahai sdr2ku .liat tgb skrg yg wajah hlus tanpa dosa tp knyataanx hanya melukai ht prmpuan .ntar kalo naik lg koleksi istrinya slusin.

  6. tomi zul 28 Januari 2013 pukul 20:51 · Balas

    smoga Rakyat NTB bertoleransi , aman tentram dan sejahtra

  7. tomi zul 28 Januari 2013 pukul 20:56 · Balas

    siapa yang naik menjadi no 1 di NTB harus ada perubahan positip demi masa depan ntb untuk rakyat

  8. Rahmat tri prasetyo 3 Februari 2013 pukul 06:51 · Balas

    saya pribadi, berharap anda-anda bisa berperan dalam memperhatikan keadaan masyrakat. tolong dan tolong lihatlah dan kerjakan apa yang menjadi tanggung jawab anda setelah anda anti terpilih. semoga sukses selalu.

  9. Amiruddin 9 Februari 2013 pukul 08:24 · Balas

    mari kita kaji lebih jauh, banyak janji yang tidak terealisasi oleh gub yang sekarang semoga gubernur yang akan datang tidak hanya mendengungkan bersaing, namun belum mampu secara fakta, oleh sebab itu pemimpin yang mampu mengharumkan NTBlah yang pantas menjadi pemimpin di NTB ini

  10. Lalu Sapta Hadi 11 Februari 2013 pukul 22:39 · Balas

    Saya terlahir dari gerung lombok barat. namun sedikit sekali hidup sy di jalani di NTB Lombok barat pada khususnya, sy selalu alerhi bila mendengar politik, kecuali itu adalah pemerintahan yang di jalani dengan sari,at, apa artinya Lombok yang terkenal dengan pulo 1000 masjid ahlak & kejujuran sangat rendah disana, kenapa kejujuran itu malah lebih terjaga di pulau yg minoritas muslimnya dan keamananya ( pencurian atau perampokan jarang terjadi) mengapa justru di lombok khususnya sering terjadi ???
    itu pertanada bahua NTB ( Lommbok ) khusunya masih banyak orang tidak mampu atau kasarnya di bawah garis kemiskinan !!!
    Itu amanah yang paling berat sebagai pemimpin NTB kedepanya, terlanat di dunia masih bisa mengelak, tapi terlaknat oleh Allah karna janji2x berkampanye awas neraka sudah menanti anda, tanda2x ahir jaman sudah terjadi semua tinggal tunggu waktu wasalam…

  11. ZAINUL 17 Februari 2013 pukul 01:08 · Balas

    Siapapun yang naik jadi gubenur nusa tenggara barat, satu hal yang harus kao penuhi, lihatlah masarakt yang yang rendah, jangan hanya mengexsplosinasikan orang2 atas. lihatlah kebawah////////

    puisi buat kandidat Gubenur NTB……….

    Pembantu, pelacur dan Pemerintah

    Kata orang ragaku berada disini, tapi jiwaku terbang bersama angin khayalan
    Kata orang omonganku ngawur, padahal aku sedang berfikirt untuk masa depan
    Kata orang ada kehidupan setelah kematian, tapi aku tak mempercayainya
    Kata orang aku murtad karena tak percaya tuhan, tapi aku telanjur meyakininya
    Kata orang hidup itu untuk menciptakan kebaikan, tapi aku bukan lah tuhan
    Kata orang manusia lebih mulya dari binatang, tapi realitasnya justeru sebaliknya
    Kata orang PEMBANTU pekerja rendahan, tapi mereka mampu meringankan beban paramajikan
    Kata orang PELACUR itu perbuatan kenistaan, tapi mereka adalah pahlawan bagi para pelanggan
    Kata orang PEMERINTAH adalah pelayan, padahal mereka hanyalah para pecundang yang menyengsarakan

    PONDOK DERITA 16 02 2013 / 10:31

  12. Chinien 18 Februari 2013 pukul 12:21 · Balas

    Hari ni klian masih mikr2 cpa yg mnang ..! tu ndk pnting,krena spengatahuan sya bxak cagub tau clon ekskutif lAinnya,hanya masih bsa mencetak sribu jnji v nyatax jani2 mreka dibungkus rapi lalu dimasukkan ke-tong sampah stelah mereka jadi,pakah kalian mash sanggup untuk ditipu daya oleh orang2 yang memang klasikalx jadi penipu samarr2…TU KN LUUCU,HA

  13. Jihat 22 Februari 2013 pukul 11:03 · Balas

    Hidup itu pilihan, jangan siapapun yang jadi, harus pilih salah satu, kalo aku piliha TGB, yang terbukti telah membangun NTB, mari kita berkolaborasi….OK….yangh penting damai lah NTB kita ini

  14. ahmad zulkarnain 28 Februari 2013 pukul 18:08 · Balas

    siapapun jadi gub..itulah pilihan smua..dukung program2nya dan smg bersih dr korupsi…
    slalulah positif thinking padanya…

  15. Ogahlepaszaenalaripin Noeremanghassipoenya 11 Maret 2013 pukul 22:22 · Balas

    buset lah dengan TGB MUUUUUU itu……
    janji yang bertahun2 pun blm di penuhi 60% lebihhhhhhhh
    aman lagi ko blng malah makin ambur adurrrrrrrrrrrrrrr
    baiknya pilih yang baru aja dahhhhhhhhh
    memang sich blm tau mau plih yang mn…tp niat sy yg penting baruuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    TGB MU sok suci………..

  16. ocyid 24 Maret 2013 pukul 14:07 · Balas

    yang coba menjelakkan guru kami TGB, dy lah iblis
    anda tidak banyak tahu tetang guru kami TGB. palingan yang anda dapat itu hanya isu.
    jaga perkataan anda, dan niali dengan objektif jangan karna nafsu anda.
    gubernur mana yang paling baik diantara sekian gubernur yang sudah ada di NTB, kalau bukan TGB.
    seharusnya anda bersyukur. atau mungkin itu sifat dasar anda yang tidak pernah bisa bersyukur.

  17. arifin 6 April 2013 pukul 21:55 · Balas

    ampure agung,,,mestinya kita berfikir positif,,bercerminlah pada diri sendiri biar nggak klewtan dalam menilai,,masyarakat sampun pinter dan paham sai sik pantas jr gubernur,,,kt liat MEI 2013,,1,2,3,dan 4 mereka semua putra2 terbaik NTB,,,,

  18. Junaidin 2 Mei 2013 pukul 08:20 · Balas

    Pilihlah gubernur yang menebarkan kebaikan, cinta, dan mau bekerja untuk kesejahteraan rakyat

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //