Suara Gubernur Di Traffic Light

Foto_Dari_Surat_Kabar_Surabaya_Post_April_11_2012jpg

Foto_Dari_Surat_Kabar_Surabaya_Post_April_11_2012

Pekan lalu (9 April – 15 April 2012), hasil pemantauan terhadap dua surat kabar lokal Surabaya (Radar Surabaya dan Surabaya Post) memperlihatkan bahwa jumlah artikel berita yang berkenaan dengan isu good governance, tetap mendominasi isi dari sajian pemberitaan, selama kurun waktu satu minggu. Hasil prosentase pemberitaan yang dihimpun adalah surat kabar Radar Surabaya, dalam sepekan lalu (9-15 April 2012) memuat 49 (83,05%) artikel berita yang berkaitan dengan isu good governance, 2 (3,389%) artikel berita seputar isu Hak Asasi Manusia (HAM), 1 (1,694%) artikel berita perempuan dan /atau anak, 6 (10,169%) artikel berita mengenai kriminalitas dan 1 (1,694%) artikel berita tentang lingkungan hidup, dari total 59 artikel berita selama sepekan. Untuk surat kabar Surabaya Post, data-data yang berhasil dihimpun adalah 63 (86,301%) artikel berita isu good governance, 2 (2,739%) artikel berita isu HAM, 6 (8,219%) artikel berita isu kriminalitas dan 2 (2,739%) artikel berita isu lingkungan hidup, dari total 73 artikel berita selama sepekan. Jadi total berita seluruhnya adalah 132 artikel berita.

Hampir empat puluh hari, mediasi perkara gugatan sengketa antara pihak Perkumpulan Taman Flora dan Satwa Surabaya (PTFSS), pengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) lama pimpinan Stany Subakir dengan beberapa pihak yang digugatnya akan segera berakhir. Nasib perebutan pengelolaan KBS ini pun akan ditentukan pada Kamis (12/4) mendatang (Surabaya Post, 9 April 2012). Isu seputar Kebun Binatang Surabaya, masih muncul dalam pemberitaan selama sepekan lalu. Kemudian, menjelang Ujian Nasional, Dinas Pendidikan Surabaya mengeluarkan putusan yang menimbulkan pro-kontra. Meskipun masih terjadi kontroversi, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya mengambil keputusan, melarang siswi hamil mengikuti Ujian Nasional (Unas) 2012. Alasannya, keberadaan siswi hamil itu melanggar norma sekolah (Radar Surabaya, 10 April 2012). Lalu, yang tak kalah gencar, pemberitaan seputaran e-KTP yang mengalami kemunduran deadline. Pelaksanaan program e-KTP atau KTP elektronik di Jatim yang terus molor mendapat perhatian serius dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Senin (9/4), Sekjen Kemendagri, Diah Angraeni, menemui Gubernur Soekarwo bersama sejumlah bupati/wali kota di gedung Negara Grahadi (Radar Surabaya, 10 April 2012). Pemkot Surabaya enggan disebut lamban dalam memberikan layanan e-KTP di wilayahnya. Kini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya ngebut. Salah satunya dengan membuka layanan e-KTP khusus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot di balai kota (Surabaya Post,  11 April 2012).

Salah satu artikel berita yang menarik mengenai isu good governance adalah Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar tertib berlalu lintas. Hal itu dilakukan dengan cara memutar rekaman suaranya di lampu traffic light (TL) perempatan Jl Kertajaya, di dekat GOR dan Samsat Manyar, seperti yang dipasang di perlintasan Kereta Api (KA) (Surabaya Post, 11 April 2012). Dari pemberitaan ini, banyak respon yang menganggap bahwa kegiatan ini berlebihan, kenapa himbauan untuk tertib lalu lintas disampaikan langsung oleh gubernur, tidak melalui pihak-pihak yang sesuai dengan kapasitasnya seperti pihak Kepolisian ataupun Dinas Perhubungan. Warga bisa saja menanggapi bahwa ini sebuah kegiatan strategi kampanye atau sosialisai Soekarwo untuk Pemilihan Gubernur tahun 2013. Walaupun pada pemberitaan tersebut, Humas Pemerintah Provinsi Jatim, Anom Suroto membantah bahwa suara Soekarwo yang di Traffic Light merupakan strategi politik menjelang Pilgub 2013.

Dalam sepekan lalu, belum ada ditemukannya kecenderungan penyimpangan perilaku pelaku media yang menyimpang.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Salah seorang kontributor perwakilan surabaya-jawa timur dalam program pemantauan media berbasis komunitas ini lahir di Wonosobo, Januari 1988. Saat ini masih menyandang status sebagai mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional " Veteran " Jawa Timur. Selain itu ia merupakan anggota dari Komunitas Kinetik Surabaya yang didirikan pada tahun 2010 dan bekerjasama dengan Forum Lenteng dalam program akumassa.

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "Suara Gubernur Di Traffic Light"

  1. manshurzikri 16 April 2012 pukul 19:12 · Balas

    siswi hamil dilarang ikut ujian? wah… parah banget nih… pejabat kok mikirnya begitu sih?

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //