KAMPANYE DIMANA-MANA

Dari hasil pemantauan terhadap berita yang disajikan selama seminggu lalu, dari tanggal 26 Maret – 1 April 2012, masa kampanye jadi berita paling hangat. Para calon kepala daerah menggunakan kesempatan berkampanye dengan sebaik-baiknya. Menggunakan caranya masing-masing. Ada yang berkampanye dilapangan terbuka, berkonvoi, bahkan dengan zikir dan doa.

Pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur berkampanye mulai dari ibu kota provinsi Aceh, yaitu Banda Aceh, hingga ke kabupaten dan kota yang ada di Aceh. Semua daerah dijelajahi demi mempersembahkan visi dan misi mereka untuk mengambil hati masyarakat di seluruh Aceh.

Namun sangat disayangkan, ada indikasi pasangan calon kepala daerah, baik itu calon gubernur/calon wakil gubernur, maupun calon bupati/calon wakil bupati serta calon wali kota/wakil wali kota yang menggunakan cara yang tidak pantas. Seperti membagikan uang untuk masyarakat. Ada juga yang mengaku tim sukses pasangan tertentu menyuruh untuk memilih kandidat yang didukungnya.

Seperti itulah harian Serambi Indonesia yang halaman pemberitaannya diwarnai berita kampanye. Sementara itu, harian Prohaba masih diwarnai dengan berita kriminal. Seperti perampokan, pembunuhan, penjambretan, dan pemerkosaan. Dari berita ini dapat diambil kesimpulan kejahatan terjadi di mana-mana tanpa kita duga.

Kasus kriminal ini masih didominasi di daerah Meulaboh, Langsa dan Lhokseumawe. Ketiga daerah ini cukup sering terjadinya kasus kejahatan. Bahkan terkait isu Pilkada pun, kekerasan terhadap massa yang saling bentrok juga terjadi di wilayah tersebut.

Namun sayangnya, lagi-lagi, bahasa yang dituliskan di harian Prohaba ini bisa dibilang sedikit ekstrim, karena menggunakan bahasa kekerasan. Terkadang detailnya juga sangat banyak dituliskan untuk kasus seperti pemerkosaan. Saya rasa hal ini tidak terlalu bagus untuk perkembangan psikologis seseorang.

Yang lebih disayangkan, tidak semua isu bisa terpenuhi di koran ini. harian Prohaba yang mengusung tagline: “berita untuk warga nanggroe”, seakan tidak mampu memenuhi apa yang diinginkan masyarakat Aceh. Untungnya, terkadang isinya memuat tips-tips menarik yang bermanfaat. Paling tidak salah satu hal positif masih ada di harian ini disamping berita lain yang cukup menegangkan pembacanya.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Maina Sari, Lahir di Lambadeuk, Aceh Besar, 25 Agustus 1987. Lulusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN Ar-Raniry) Banda Aceh. Sekarang Aktif di Radio Flamboyant FM Banda Aceh dan Akumassa.

Lihat semua tulisan

2 Komentar pada "KAMPANYE DIMANA-MANA"

Lacak balik untuk tulisan ini

  1. Serunya Berita Lokal Sebulan Ini: Ternyata Perilaku Media Jelas Terlihat dari Penyajian Beritanya | ( akumassa )
  2. Berita Sidoarjo » test

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //