Serangan Tomcat Menghantui

Dari perolehan data yang dihimpun pekan lalu, salah satu isu good governance  yang sering di beritakan mengenai, seputaran kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) beserta kasus-kasus usaha penimbunan solar sebagai dampak kenaikan BBM tersebut. Isu yang berkaitan dengan good governance  ini, selama satu minggu menghasilkan prosentase pemberitaan yang dominan. Radar Surabaya mengangkat isu good governance dengan total berita 68 (93,15%) dari 73 total berita selama sepekan. Untuk harian sore Surabaya Post, isu good governance  yang mendominasi pemberitaan selama sepekan mencapai 52 (94,545%) berita dari total 55 berita. Data-data ini dihimpun dari hasi pemantauan pada Surat Kabar Lokal Radar Surabaya dan Surabaya Post pekan lalu (19 Maret – 25 Maret 2012).

Angka pemberitaan yang berkaitan dengan isu Kriminalitas mengalami penurunan porsi, pekan lalu (19 Maret – 25 Maret 2012) Radar Surabaya dan Surabaya Post hanya memberitakan masing-masing, 4 (5,479%) berita (Radar Surabaya) dan 2 (3,636%) berita (Surabaya Post) dari total pemberitaan yang dihimpun tiap-tiap surat kabar, 73 berita dan 55 total berita selama sepekan. Lingkungan hidup menjadi pemberitaan yang paling sedikit, 1 (1,369%) berita untuk harian surat kabar Radar Surabaya dan Surabaya Post 1 (1,818%) berita dari total masing-masing 73 dan 55 berita.

Foto_Radar_Surabaya_Edisi_24_Maret_2012

Foto_Radar_Surabaya_Edisi_24_Maret_2012

Isu yang sedang berkembang, yang menjadi konsentrasi media saat ini meliputi putusan kenaikan BBM beserta dampak yang menimbulkan kecurangan-kecurangan para perusahaan maupun pemilik modal lain, seperti kasus penimbunan solar yang dilakukan oleh PO AKAS III. Hal lain yang tak kalah menariknya adalah isu KBS yang terus bergulir tiada habis disorot oleh media lokal dalam menjalankan fungsinya sebagai wadah suara yang ada di Surabaya.

Pemberitaan lain yang tak kalah gencar, mengenai serangan Tomcat yang menjadi pemberitaan hangat dua surat kabar lokal ini. Pemberitaan yang dihadirkan terus menerus, dengan jumlah korban yang terus meningkat, menjadikan warga merasakan dampak ketakutan yang cukup besar. Setiap orang yang temui (beberapa kawan sepermainan) pembicaraan serangan tomcat sudah menjadi topic sehari-hari, dan ketakutan-ketakutan terhadap hewan ini juga menjadi-jadi.

Foto_Radar_Surabaya_Edisi_22_Maret_2012

Foto_Radar_Surabaya_Edisi_22_Maret_2012

Surat kabar lokal juga menghadirkan informasi yang menjadi kebutuhan warga dalam mengakses kemudahan informasi. Ini menjadi penting, ketika media lokal berperan baik dalam menyajikan pemberitaan yang sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan banyak pihak.

Selama pemantauan sepekan, tidak ditemukan indikasi penyimpangan perilaku media. [jss]

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Salah seorang kontributor perwakilan surabaya-jawa timur dalam program pemantauan media berbasis komunitas ini lahir di Wonosobo, Januari 1988. Saat ini masih menyandang status sebagai mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional " Veteran " Jawa Timur. Selain itu ia merupakan anggota dari Komunitas Kinetik Surabaya yang didirikan pada tahun 2010 dan bekerjasama dengan Forum Lenteng dalam program akumassa.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //