Tragedi Di Balik Cuaca Yang Kurang Bersahabat

(Dikutip dari Radar Lombok 15 Maret 2012 )

 

Media lokal yang saya pantau yakni Radar Lombok dan Lombok Post mulai dari tanggal 12 Maret sampai dengan 17 Maret Good Governance selalu menjadi jumlah terbanyak mengisi harian media lokal tersebut yang mencapi 76 %, 1 % perempuan dan anak, kriminal 6 %, lingkungan hidup 17% dari 72  jumlah berita.

Kedua media lokal yang terkait isu Good Governance dari tanggal 12 sampai dengan 17 Maret isi beritanya tidak selalu sama, dibanding dengan isu lingkungan hidup, kedua media dari tanggal 14 sampai dengan 17 selalu memberitakan masalah Tragedi Di Balik Cuaca Yang Kurang Bersahabat

Akibat hujan sepanjang hari selasa(13/3), mengakibatkan beberapa sungai yang ada di wilayah Belanting Lombok Timur meluap dan merendam beberapa Dusun seperti Batu Sela, Menanga Reak, Kulo Sepang dan Lepek Luar. Empat jembatan putus total, dua terancam ambruk, satu dam jebol, beberapa ruas jalan terkikis dan ratusan rumah terendam. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, ratusan masyarakt dari beberapa Desa di  Sambelia mengungsi pada bebrapa fasilitas umum, Puskesmas, Masjid, Sekolah, Pasar, Kantor Desa dan Camat. (Radar Lombok 14 dan !5 Maret )

(Dikutip dari Radar Lombok 16 Maret 2012)

Angin kencang di kota Mataram memakan korban nyawa. Dua orang tewas setelah ditimpa dua pohon yang tumbang di dua lokasi terpisah. Wakil Komandan Denpom IX/2 Udayana, Mayor CPM I Ketut Gelgel Winaya Arka tewas setelah mobil avanza yang ditumpanginya tertimpa pohon asam di jalan Pejanggik pukul 18.00 Wita Kamis (15/3). Di jalan Brawijaya Seganteng sekitar pukul 17.00 Wita. Made Tayane warga Gerung Butun Barat Kelurahan Bertais Kecamatan Sandu Baya tertimpa pohon waru. Dia sempat di larikan ke RSUP, namun nyawanya tidak tertolong. (Radar Lombok 16 Maret 2012).

Cuaca ekstrim akibat terbentuknya badai tropis Lua di barat Australia yang melanda NTB sejak beberapa hari teakhir belum mereda. Hujan, angin putting beliung, serta naiknya gelombang air laut makin ekstrem. Badai ini juga telah mengganggu arus transportasi udara. Sejumlah penerbangan antar bandara dan keluar NTB, ditunda. Dampak yang paling parah, yakni dua pelabuahan utama yang menjadi pintu masuk NTB, Pelabuhan Lembar Lombok Barat dan Pelabuhan Sape Bima lumpuh total. Selain itu, Pelabuhan Kayangan-Pototano juga mengalami hal yang sama. (Lombok Post 17 Maret 2012)

Sejauh ini,selama saya memantau  kedua media, baru minggu ini saya menemukan isu tentang lingkungan hidup beritanya beberapa hari ini selalu mengisi headline yang memberitakan isu yang sama walaupun isu good governance mendominasi namun isi beritanya berbeda-dari hari kehari. Walaupun ada itu hanyalah berita yang bagi warga masyarakat kurang penting.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "Tragedi Di Balik Cuaca Yang Kurang Bersahabat"

Lacak balik untuk tulisan ini

  1. Serunya Berita Lokal Sebulan Ini: Ternyata Perilaku Media Jelas Terlihat dari Penyajian Beritanya | ( akumassa )

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //