Ekspansi Waralaba

Minggu lalu (20 – 26 Februari 2012), good governance adalah isu yang paling banyak diberitakan di dua media lokal Banten yakni, Kabar Banten dan Baraya Post dengan jumlah 53 berita dari 112 jumlah total berita.Menyusul dengan isu lingkungan hidup dan isu perempuan dan/ atau anak menempati urutan kedua dan ketiga. Sementara itu, untuk isu ham dan kriminalitas menempati urutan keempat dan kelima, itu pun jumlahnya masih sangat minim.

Berbagai aneka jenis barang yang dijajakan di sebuah minimarket, nampak tersusun rapi Sumber foto: Firmansyah

Terkait dengan isu good governance, dari sekian headline dan rubrik yang sering kali banyak memberitakan  tentang berita-berita politik dan korupsi. Ada satu berita yang menarik perhatian saya, meskipun frekuensi pemuatan pemberitaannya tidak terlalu banyak yaitu, tentang maraknya pembangunan waralaba yang kian tak terkendali disejumlah kota-kota di Provinsi Banten. Bahkan, pertumbuhan waralaba atau yang biasa kita kenal dengan minimarket, kini sudah mulai masuk ke perdesaan. Tentu saja ini menjadi suatu masalah serius yang harus diperhatikan oleh pemerintah setempat, karena dianggap berpotensi dapat menggusur para pedagang kecil. Disisi lain dengan adanya pusat perbelanjaan minimarket itu dapat menghidupkan perekonomian, namun di lain pihak menjadi simalakama bagi pedagang kecil. Dengan alasan pertimbangan lebih ekonomis dan higienis, masyarakat akan lebih memilih berbelanja ke minimarket ketimbang pergi ke warung sekitar. Karena dari kebanyakan barang-barang yang dijual di warung seperti sabun, shampoo, makanan ringan dan kebutuhan sehari-hari lainnya juga dijual di minimarket. Malahan, minimarket lebih variatif dalam menjual dagangannya, sehingga masyarakat lebih mempunyai banyak pilihan ketika berbelanja. Dengan kondisi yang seperti ini, tentunya para pengusaha kecil yang hanya dengan bermodalkan kecil-kecilan lama-lama akan mengalami kebangkrutan, karena barang yang dijual tidak laku. Dalam menyikapi hal ini, Bupati Kabupaten Lebak H. Mulyadi Jayabaya meminta kepada seluruh para pemilik modal yang hendak mendirikan minimarket, itu wajib mengantongi izin dari warga sekitar. Pemerintah tidak akan mengeluarkan izin pendirian bangunan apabila belum menempuh izin dari masyarakat sekitar, “tegas Bupati Jayabaya kepada  media lokal Kabar Banten.

Sejauh ini, pemberitaan dari kedua media lokal Banten: Kabar Banten dan Baraya Post edisi (20-26 Februari 2012) masih terpaku kepada isu good governance. Terutama tentang berita-berita politik dan korupsi. Seharusnya, kedua media baik Kabar Banten maupun Baraya Post bisa lebih jeli dalam memilih  berita yang akan diwartakan. Supaya berita yang di konsumsi tidak hanya sekedar menjadi suatu informasi tetapi juga bisa menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat.

Berdasarkan dari hasil pantauan selama seminggu ini (20-26 Februari). Masih banyak ditemukannya kekeliruan dalam menyampaikan suatu berita oleh media dan lagi-lagi kesalahan penulisan dalam suatu artikel masih sering terjadi.

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //