Sistem Serta Bakal Calon Gubernur Pada Pilkada 2013 dan Sengketa Tanah Warga Masyarakat Trawangan dan PT WAH

Farouk Muhammad dan Zaini Arony (Radar Lombok, Rabu 22 Februari 2012)

Dari 103 jumlah berita yang saya pantau, sebanyak 86 berita mengangkat isu good governance. Ke dua koran ,yakni Radar Lombok dan Lombok Post, mengangkat isu good governance sebanyak 86 berita, kriminalitas 8 berita, lingkungan hidup 8 berita, dan HAM sebanyak 1 berita, yang saya pantau dari tanggal 20 sampai dengan 25 Februari 2012.

Isu good governance yang mendominasi 2 koran tersebut memberitakan tentang sistem dan bakal calon Gubernur NTB pada Pilkada 2013 mendatang dan tentang sengketa tanah warga masyarakat Trawangan dan PT WAH yang tak kunjung selesai.

Teka-teki tentang sistem pemilihan kepala daerah menjadi perbincangan hangat di kalangan para anggota Dewan. Ada dua kemungkinan sistem pemilihan, yakni pemilihan langsung dan dipilih DPRD, di Provinsi atau Kabupaten/Kota. Namun, di sisi lain para elit-elit politik sudah mulai membicarakan bakal-bakal kandidat yang akan dicalonkan pada Pilkada 2013 mendatang.  Dari beberapa partai politik, muncul bakal calon-calon, seperti partai Golkar yang akan mencalonkan  Zaini Arony, yang sekarang menjabat Bupati Lombok Barat. Partai Hanura akan mencalonkan Sunardi Ayub, yang sekarang di DPR RI, dan ada salah seorang anggta DPD RI, yakni Prof. Farouk Muhammad yang akan ikut serta meramaikan kancah pemilihan Gubernur.

TRAWANGAN : Terkenal Sebagai Daerah Pariwisata Namun Masih Menyimpan Konflik Tanah (Dikutip dari Radar Lombok, edisi Selasa, 21 Februari 2012)

Selanjutnya, kasus penahanan salah seorang warga Trawangan, Ali Asdan, oleh pihak kepolisian, mendapat perlawanan dari masyarakat setempat. Di satu sisi, Pansus Trawangan masih bekerja, namun di sisi lain, warga ditangkap dengan tuduhan yang tidak jelas. Warga masyarakat dan beberapa pihak, termasuk LSM, masih membangun komunikasi untuk merencanakan aksi ke Kantor Bupati, guna meminta Bupati untuk segera memberikan pembelaan terhadap warganya yang kini masih ditahan. Aksi yang akan dilakukan Hari Kamis, mulai pukul 10.00 WITA, akan meminta Pemda KLU segera menuntaskan kasus di Gili Trawangan termasuk membebaskan Ali.

Ditengah-tengah aksi warga masyarakat Trawangan di Kantor Bupati, dua lagi masyarakat ditangkap pihak kepolisian Polda NTB. Awalnya aksi damai telah bubar, namun mendengar penangkapan tersebut, warga kembali ke Kantor Bupati untuk meminta penjelasan prihal penangkapan tersebut. Melihat kondisi yang makin memanas, akhirnya Wakil Bupati meminta Kabag Hukum membuatkan surat ke Polda NTB yang isinya berupa penangguhan Penahanan warganya atas nama Lambing dan Mulyadi. Beberapa pejabat yang melakukan pertemuan dengan Polda NTB berusaha membantu masyarakat yang ditahan. Namun Polda NTB tidak mengabulkan penangguhan tersebut dengan alasan penangkapan tersebut sesuai dengan prosedur.

Berdasarkan hasil pantauan say,a isu good governance selalu menjadi topik yang utama mengisi headline, sedangkan isu HAM, kriminalitas, lingkungan hidup, dan perempuan dan/atau anak hanyalah sebagian kecil dibandingkan masalah good governance

Kedua koran lokal, yakni Radar Lombok dan Lombok Post, yang saya pantau dari tanggal 20 sampai dengan 25 Februari 2012 itu lagi-lagi—terutama Lombok Post— lebih banyak mengangkat isu nasional, sedangkan berita tentang masalah Pilkada yang sekarang lagi berkembang hampir tidak ada, terutama pada halaman headline. [Lalu Maldi]

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //