Lebak Berpolitik

 

Minggu lalu (24 – 30 September 2012), good governance  menjadi isu paling dominan di koran lokal Kabar Banten dan Banten Raya (56, 68% dari jumlah total berita) pada kedua media lokal Banten. Sementara untuk isu lingkungan berada diurutan kedua dengan perolehan 25%. Dan diurutan ketiga ada isu criminal dengan perolehan 14,65%. Sedangkan untuk isu perempuan dan/atau anak dan isu ham berada di urutan paling akhir dengan perolehan, yakni 2,58% dan 0,86%.

Sumber foto dikutip dari media Banten Raya

Pemberitaan pada tanggal 24 Desember 2012 di halaman 5 kolom 3-6 menyinggung soal kesepakatan konsolidasi dukungan. Sedangkan Banten Raya memuat liputan yang sama. Isi pemberitaan ditempatkan di halaman 9 kolom 3-6. Laporan berita tentang acara yang dihadiri oleh banyak masa.

Kabar Banten menulis acara yang dihadiri ribuan kader, anggota, pegurus dan simpatisan Dewan Pemimpin Cabang PDIP. Mereka menyatakan kesiapannya melakukan konsolidasi total untuk agenda pilkada, pileg, dan pilpres. Koran kabar Banten menulis bahwa Jayabaya sebagai Ketua Depercab yang sekaligus merangkap jabatannya sebagai bupati mendapat dukungan tambahan dari PAC anak ranting partai PDIP. Pernyataan sikap dalam acara Mulyadi Jayabaya yang diberitakan menyatakan bahwa; Pilkada 2013 akan dimenangkan oleh pasangan bakal calon bupati Iti Oktavia Jaya Baya dan Ade. Bupati Lebak Jayabaya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan PDI Perjuangan Kabupaten Lebak meminta dukungan atas pasangan bakal calon bupati yang sekaligus anak kandungnya Iti Octavia di duetkan dengan Ade Sumardi sebagai bakal calon bupati dan calon wakil bupati Lebak periode 2013-2018.

Sedangkan koran Banten Raya memuat berita yang sama pada tanggal 27-september 2012 kolom 3-7. Isi beritanya tentang pernyataan Bupati Lebak H.Mulayadi Jayabaya yang melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS)  untuk tidak terlibat dalam isu politik praktis. Jayabaya juga menegaskan  bahwa aturan itu sudah ditetapkan UU No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Masih dalam berita kolom Lebak memberitakan ketua DPD PDIP Provinsi Banten Ribka Tjiptaning menyatakan, pencalonan Ketua DPC PDI Perjuangan Lebak Ade Sumardi pada pemilukada Lebak 2013, sebagai wakil bupati Iti Octavia Jayabaya atas usulan DPC, PAC, dan ranting masih akan dilakukan  musyawarah kepada ketua partai. Pasalnya untuk rekomendasi pecalonan bupati atau wakil bupati masih ada tahapan-tahapan dan mekanisme partai.

Dua media massa lokal Banten untuk rubrik Lebak terhadap isu good govermance belum baik, terutama untuk pemberitaan pegawasan kinerja pemerintahan. Minggu ini halaman khusus Lebak pada kedua koran lokal penuh berita hiasan selubung kampanye. Masalah pemilukada sudah diberitakan berlebihan. Masa kampanye belum dimulai akan tetapi masyarakat dipaksa untuk menelan bulat-bulat informasi yang bukan bagian dari kebutuhan percepatan pembangunan seperti janji pemerintahan dalam melayani masyarakat Lebak. Berita-berita yang menghiasi halaman Lebak selalu saja isinya untuk kemajuan mulut. Bukan lagi kemajuan pembangunan.

Berdasarkan hasil pantauan selama satu minggu melihat bagaimana cara pemberitaannya, media-media masa lokal Banten sepenuhnya terjerumus pada soal antusiasme berlebihan menyambut pemilukada. Selama sepekan pemantauan tidak ditemukan perilaku dari wartawan yang terindikasi ke arah penyimpangan.[fs]

 

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //