Maraknya Capaian Pemerintah di Akhir Tahun

Radar Jember - Terbongkarnya praktik aborsi yang melibatkan satu keluarga dan ditemukannya janin bayi.

Radar Jember – Terbongkarnya praktik aborsi yang melibatkan satu keluarga dan ditemukannya janin bayi.

 

Pada minggu ini, 24-30 Desember 2012, isu good governance tetap mendominasi pemberitaaan di Radar Jember sampai sekitar 63% dari total berita. Isu good governance kembali diramaikan dengan kabar e-KTP yang kali ini memberitakan Jember sebagai kabupaten terbaik ke lima selama penyelenggaraan e-KTP. Dispendukcapil Jember melaporkan hasil evaluasi pelaksanaan e-KTP di Jember pada 2012, di mana perekaman e-KTP Jember sudah terealisasi 83 persen. Hanya 220.000 orang yang belum melakukan perekaman e-KTP dan akan diberi waktu paling lambat Maret 2013. Rubrik lain membahas tentang Jember yang pada tahun ini dinobatkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu kabupaten penggerak koperasi di Indonesia. Jumlah koperasi di Jember saat ini mencapai 1.700 unit, ini masih bisa bertambah karena hampir tiap tahun berdiri sekitar 40 unit koperasi baru di Jember. Seperti biasa, minggu ini kritik yang dilancarkan Radar Jember terhadap kebijakan penguasa tidak terlalu signifikan.

Seperti minggu sebelumnya, posisi kedua ditempari isu kriminal dengan 30% dari total berita. Isu kriminal masih diramaikan dengan kasus-kasus, seperti pembunuhan, curanmor, pencabulan, dan korupsi. Yang tergolong kasus kriminal baru akhir-akhir ini adalah terbongkarnya penemuan STNK dan BPKB palsu oleh Satlantas Polres Jember. Surat-surat tersebut hampir tidak memiliki perbedaan antara yang asli dan yang palsu. Kasus kriminal yang marak dan menjadi headline selama beberapa hari ini, yaitu kasus aborsi yang melibatkan semua anggota keluarga. Tersangka yang mengandung janin dibantu oleh kakak dan ibu kandungnya melakukan aborsi tersebut. Isu kriminal lainnya yang tergolong baru adalah raibnya dana miliaran rupiah milik nasabah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Detla Prima karena dibawa kabur pengurusnya.

Sedangkan isu lingkungan berada di posisi ke tiga dengan porsi 3% dari total pemberitaan. Isu lingkungan mengabarkan adanya penyakit misterius yang menyerang warga Desa Sidomekar, Semboro. Sehingga untuk menekan angka penderita, sekarang masih terus dilakukan fogging atau pengasapan. Penyakit itu sulit terdeteksi, namun sangat mirip dengan chikungunya karena mengakibatkan nyeri di persendian. Isu HAM dan Perempuan dan atau Anak menyusul di posisi berikutnya sebanyak 2% dari total pemberitaan.

Sedangkan Jemberpost.com, pada minggu ini menurunkan berita masing-masing 12 isu good governance, dua isu kriminal, satu isu lingkungan.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //