Banjir Memperparah Kondisi Jalan

Banjir Memperparah Kondisi Jalan

Banjir Memperparah Kondisi Jalan

Masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pemantauan Radar Jember 31 Desember 2012  – 6 Januari 2013 didominasi oleh isu Good Governance. Total isu yaitu 55% dari total berita. Isu  Good Governance minggu ini tidak ada yang dominan. Artinya, dari hari ke hari isu yang dibahas selalu berbeda. Isu Good Governance yang paling banyak diambil dari jemberpost.com, sedangkan untuk Radar Jember sendiri tidak begitu menonjol minggu ini.

Berita paling dominan minggu ini tentang banjir yang masuk isu Lingkungan Hidup dan menjadi urutan kedua pemantauan minggu ini. Total isu yaitu 30% dari total berita. Isu Lingkungan Hidup kebanyakan tentang banjir yang melanda wilayah Jember dan sekitarnya. Hujan deras yang mengguyur Jember dan sekitarnya mengakibatkan banjir di sejumlah titik. Banjir tersebut membuat arus lalu lintas yang padat mengalami kemacetan hingga lebih dari 5 km. Titik terparah di Jalan Raya Jember-Surabaya, terutama di sekitar Terminal Tawangalun.

Masih tentang banjir. Desa Glundengan, Kecamatan Wuluhan terendam banjir. Hal ini terjadi karena Sungai Mayang tak mampu lagi menahan debit air hujan yang turun, hingga meluap dan merendam rumah warga. Hujan turun mulai dari ujung timur Jember hingga barat, yaitu Kecamatan Silo hingga Kecamatan Sumberbaru. Di Desa Glundengan, luapan air tidak hanya menggenangi rumah warga, namun juga area persawahan hingga meluap ke jalan raya.

Beralih pada banjir di Desa Sumberejo, Wuluhan. Di desa tersebut tidak hanya disebabkan naiknya debit air sungai, melainkan juga karena kondisi saluran yang kecil. Namun banjir tersebut sudah mulai surut. Pasalnya, dam air dibuka sehingga luapan air yang menggenangi pemukiman mengalir ke Sungai Bedadung.

Genangan air karena banjir di sejumlah titik di Jember dinilai akibat kondisi drainase yang buruk. Banyak drainase yang mengalami pendangkalan akibat banjir endapan tanah. Akibatnya, aliran air tidak lancar dan kapasitas drainase menjadi menurun. Hal ini terjadi di sekitar Terminal Tawangalun, Rambipuji, Jalan Mastrip, Jalan Hayam Wuruk, serta persimpangan Pasar Mangli.

Minggu ini, isu Kriminalitas menjadi urutan ketiga, yaitu 15% dari total berita. Sedangkan isu HAM tidak muncul sama sekali, begitu juga dengan isu Perempuan Dan/Anak.  Putar haluan ke jemberpost.com. Minggu ini, berita hanya dapat diakses satu kali, yaitu pada tanggal  6 Januari 2013. Isu yang mendominasi masih pada Good Governance.

 

 

 

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2013 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //