Rendahnya Pelayanan Publik Pemkab Jember

Radar Jember - Aktivis mahasiswa blokade jalan depan DPRD Jember dalam hari anti korupsi

Radar Jember – Aktivis mahasiswa blokade jalan depan DPRD Jember dalam hari anti korupsi

 

Pada minggu ini, 10-16 Desember 2012, isu good governance tetap mendominasi pemberitaaan di Radar Jember sampai sekitar 48% dari total berita. Isu good governance diisi oleh pernyataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memberikan nilai di bawah 6 terkait pelayanan publik yang diberikan Pemkab. Khususnya dalam hal Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Kalangan DPRD Jember merespon hal tersebut dengan keraguan dikarenakan survei KPK dirasa belum mewakili semua bentuk pelayanan publik di Jember. Berita lainnya adalah kembali bergejolaknya warga Dusun Mandiku, Desa Sidodadi, Kecamatan Tempurejo. Mereka minta baliho yang bertuliskan ‘Kembalikan Tanah Kami’ dengan latar Arief Wibowo anggota DPR RI F-PDI Perjuangan diturunkan.

Sementara itu, di minggu ini isu kriminal masih menempati posisi kedua dengan 37% dari total berita. Isu kriminal mayoritas diwarnai dengan sejumlah kasus korupsi. Kasus yang masih hangat diperbincangkan beberapa waktu sampai sekarang adalah gugatan class action para pedagang Pasar Kencong kepada Pemkab Jember dan DPRD Jember. Sampai sidang keempat, dokumen gugatan para pedagang Pasar Kencong sudah lengkap oleh majelis hakim. Namun kelanjutan peradilan tertunda karena harus menunggu pihak tergugat, yaitu Pemkab Jember dan DPRD. Kasus korupsi lainnya adalah kasus sembilan PNS di lingkungan Pemkab Jember terkena sanksi karena terlibat Tipikor. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah Jember, total ada sembilan dari 46 PNS yang kena sanksi terlibat Tipikor.

Isu Lingkungan berada di posisi ketiga, yakni 15% dari total berita. Mayoritas isu lingkungan masih dimarakkan dengan musibah di beberapa tempat yang disebabkan oleh musim hujan. Di Desa Sumbermalang, Desa Jatisari, Desa Bukor, wilayah kecamatan Wringin dan di Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, sebagian besar rumah penduduk roboh. Bahkan di Desa Gunung Malang, sedikitnya 51 rumah warga mengalami rusak ringan dan 2 rumah warga rusak total. Kemudian di beberapa lokasi satu penambang liar di Kecamatan Sumberjamber tewas karena tersambar petir, sedangkan di Desa Pecoro satu gudang pengeringan tembakau milik PTPM 10 Kebun Kertosari juga ludes terbakar setelah tersambar petir.

Sedangkan Jemberpost.com, pada minggu ini tidak menurunkan berita sama sekali.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //