BSS (Bumi Sejuta Sapi), Gudang Uang Di Tanah Becek

(Dikutip dari Lombok Post edisi 13 Desember 2012)

Selama sepekan pemantauan media Lombok yakni Radar Lombok dan Lombok Post. Isu good governance masih menempati urutan teratas, yakni sebanyak 96, 38 %, isu kriminal 0,72%, dan lingkungan hidup sebanyak 2,90 %  dari 138 total jumlah berita yang terpantau. Berita BSS (Bumi Sejuta Sapi), Gudang Uang Di Tanah Becek menjadi titk fokus pemberitaan yang terbanyak pada minggu ini.

Perjalanan ke Ranggo bisa ditempuh 30 menit dari Dompu dengan ojek atau kendaraan umum. Menelusuri jalan bebatuan dengan debu tebal dan sejumlah tikungan tajam. Di desa itulah kelompk ternak Maju Mandiri berada. Kelompok ternak ini cukup dikenal karena kiprahnya. Bagi orang Ranggo, beternak sapi sudah mereka lakukan turun temurun. Mereka umumnya peternak tangguh yang mengandalkan naluri. Menjadi peternak yang sukses  merupakan impian besar orang Ranggo. Termasuk juga anggota kelompok Maju Mandiri. “Kami terus berusaha mengembangkan  diri untuk kemajuan kelompok,” kata Haji Umar (52), ketua kelompk tenak Maju Mandiri. (Radar Lombok 11 Desember  2012).

Pemerintah Provinsi NTB berencana menggelar panen sapi pedet atau anak  sapi sebanyak 272.082 ekor di Banyumulek, Lombok Barat. “Besok (Hari ini) gubernur akan memimpin langsung panen tersebut,” kata Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB Herry Erfan Rayes dalam jumpa pers di media center kantor gubernur NTB, Selasa kemarin (11/12). (Radar Lombok 12 Desember  2012).

NTB Bumi Sejuta Sapi (BSS) merupakan program jangka panjang  yang dirancang berdasarkan potensi daya dukung lingkungan dan kebutuhan riil masyarakat. BSS diharapkan menjadi lokomotif  ekonomi daerah yang menggerakkan sektor riil dan membuka lapangan kerja. (Lombok Post 12 Desember  2012).

Petani dan peternak mulai menikmati manfaat  program NTB Bumi Sejuta Sapi atau BSS yang diluncurkan  Pemprov NTB 2009 silam. Denyut  ribuan kelompok ternak seantero NTB menjadi tulang punggung program ini. Kini beternak tak cuma sambilan. Beternak sapi, berarti memelihara asa, anak bersekolah tinggi, ekonomi keluarga bersemi. Peternak ingin program ini terus berlanjut. Bagi mereka, BSS kini ibarat bank tempat menyimpan uang di tanah becek. (Radar Lombok 13 Desember 2012).

Pemberitaan yang terpantau pada minggu ini dari kedua media. Ada bebrapa berita yang selalu di beritakan dalam satu minggu ini. Namun, pemberitaan tetang BSS, Gudang Uang Di Tanah Becek menjadi berita yang paling banyak mengisi harian kedua media.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //