Jember Kota Industri, Bupati Bikin Kontroversi

Radar Jember - Bupati mengubah Jember kota agraris menjadi kota industri

Radar Jember – Bupati mengubah Jember kota agraris menjadi kota industri

Pada minggu ini, 15-21 Oktober 2012, isu good governance masih mendominasi pemberitaaan di Radar Jember, yaitu mencapai 45% dari total berita.Kali ini isu good governance diisi dengan pemberitaan Bupati Jember M.Z.A. Djalal siap mengubah haluan Jember dari kota agraris menjadi industri. Dengan menyusun konsep rencana tata ruang wilayah (RTRW), ia siap menyulap 50 persen lahan pertanian di Jember sebagai kawasan industri. Namun gagasan bupati tersebut menuai banyak kontroversi, diantaranya dari beberapa legislator di DPRD Jember dan para petani yang lahan pertaniannya akan digusur menjadi lahan industri.

Selain itu juga ada pemberitaan mengenai penolakan adanya investor baru yang masuk ke Pasar Kencong Baru oleh para pedagang Pasar Kencong lama. Pada saat acara bertemu Kepala Dinas Pasar Jember M. Hasi Madani di kantor Kecamatan Kencong, Pedagang pasar kencong memilik walk out (WO) karena Pemkab Jember dianggap inkar janji perihal akan membangun Pasar Kencong baru dengan dana dari APBD. Sebaliknya malah mendatangkan investor baru. Berita lainnya adalah rencana Bupati Jember yang menawarkan pengelolaan Notohadinegoro dan lapangan golf kepada Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Pada minggu ini isu kriminal masih berada di bawah isu good governance, dengan 33% dari total berita. Isu kriminal diwarnai oleh sejumlah pencurian, perjudian, dan korupsi. Kasus Bos PO Akas III Probolinggo, Rudy Yahyanto, yang menjadi terdakwa pemborongan solar bersubsidi kembali mencuat. Kasus tersebut sudah sampai pada pembahasan penuntutan setahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember. Kasus lainnya adalah aksi penipuan ATM dengan kedok memasang call centre palsu yang kali ini terjadi di ATM Bank BNI di Kecamatan Puger, sampai merugikan puluhan juta rupiah milik warga.

Isu lingkungan berada di posisi ketiga, yakni 11% dari total berita. Isu lingkungan membahas perubahan cuaca memasuki awal musim hujan disertai angin kencang hingga mengakibatkan banyak pohon bertumbangan. Akibatnya sebanyak tiga mobil ringsek tertimpa pohon. Hujan deras juga mengakibatkan 6 gudang pengeringan tembakau milik PTPN X Kebon Kertosari di Desa Tisnogambar ambruk.

Sedangkan Jemberpost.com, pada minggu ini hanya menurunkan dua belas judul berita masing-masing lima berita good governance, enam berita kriminal, dan satu berita lingkungan.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //