KASUS KRIMINAL YANG MAKIN MARAK

(Dikutip dari Radar Lombok 8 Oktober 2012)


 

Sebanyak 105 berita yang terpantau pekan ini, terdiri dari isu good governance 86,67 %, Kriminal 8,57%, dan lingkungan hidup 4,76 %. Minggu ini kasus keriminal selalu mengisi harian kedua media.

Pemerintah tengah berupaya membebaskan Muhammada Bakri bin Baliho, 30 tahun TKI asal Desa Kertasari, Kecamatan  Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat dari hukuman gantung di Malaysia. Bakri divonis hukuman gantung sampai mati di Malaysia karena terlibat pembunuhan TKW bernama Aminah.

Polisi sudah mengantongi identitas salah satu warga Roka, Kabupaten Bima pelaku penembakan yang menewaskan Irwan, 39 tahun warga Roi, saat bentrokan Senin lalu (2/10). Kabid Humas Polda NTB AKBP Sukarman Husein dihubungi mengatakan, penegakan hukum dari bentrokan warga Roi dan Roka, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima tetap dilakukan . Ini merupkan hasil komitkmen kedua  warga saat dikunjungi Kapolda, Kamis lalu.

Warga desa Telaga Waru, kecamatan Pronggabaya, Lombok Timur pada Sabtu lalu (6/10) digegerkan dengan penemuan sesosok mayat yang mengapung di kolam kangkung di dusun Dasan  Tapen Lauk, sebelah selatan masjid Baiturrahim desa Telaga Waru, kecamatan Peringgabaya, pada Sabtu, (6/10) lalu. Mayat itu pertama kali ditemukan oleh Amaq Syamsul, warga dusun Bagik Kedok Lauk, saat hendak memetik kangkung. (Radar Lombok 8 Oktober 2012).

Tabarakan beruntun tiga sepeda motor yang terjadi Senin petang kemarin (8/9) di dekat pertigaan dusun Bagikpapan, desa Bagikpapan, kecamatan Pringgabaya Lombok Timur, mengakibatkan dua pengendara tewas. Tabarakn antara dua sepeda motor jenis Suzuki FU dan Supra Fit S yang terjadi sekitar pukul 18.45 Wita di sebelah timur pertigaan Bagikpapan ini, mengakibatkan pengendara FU asal Belencong Gunung Sri Lobar, bernama Hudairi, 25 tahun dan pengendara Supera Fit, Ahip alias amaq Fit, 48 tahun, warga Bampak, desa Bagekpapan meninggal. (Radar Lombok 9 Oktober 2012).

Saudagar sapi dikeroyok pedangang lainnya di pasar hewan Selagalas Selasa malam kemarin (9/10). Muliadai, 43 tahun warga Desa Kawo Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah menggunakan uang palsu untuk membayar sapi yang dibelinya. (Radar Lombok 10 Oktober 2012).

Kepolisian Daerah NTB menangkap BKR, 48 Tahun, pelaku pemalsuan dokumen pembuatan paspor kantor Imigaras kelas 1 A Mataram. Dari tangan warga  Meninnting, Batu Layar, Lombok Barat ini polisi mengamankan barang bukti berupa sejumlah data serta paspor yang identitas pemohonnya dipalsukan. (Radar Lombok 11 Oktober 2012).

Radar Lombok 12 oktober Enam Ruko di Jalan Pejanggik, Cakranegara ludes terbakar Kamis dini hari kemarin (11/10), dan Siswa kelas 3 SMKN Sikur, Suhaili, 18 tahun, warga Gelogor Kemong, Desa Semaya, Kecamatan Sikur, Lotim, ditemukan warga tewas gantung diri, pagi Kamis, (11/10) kemarin, sekitar pukul 06.00 Wita, di pohon nangka pekarangan belakang rumah kakaknya.

Dari hasil pemantauan 8 sampai dengan 13 Oktober 2012 isu kriminal selalu mengisi kedua media. Namun, dari isu kriminal yang terpantua terlihat adanya perbedaan, diamana pada Radar Lombok isu kriminal kebayakan berasal dari daerah NTB sendiri (isu lokal), sedangkan pada Lombok Post kebanyakan isu kriminal berasal dari daerah luar NTB.

Dari sekian isu kriminal yang terpantau, pemantau tidak menemukan perilaku kedua media yang kurang baik.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "KASUS KRIMINAL YANG MAKIN MARAK"

  1. Yudha 21 Oktober 2012 pukul 18:46 · Balas

    Saya merasa perihatin dengan isu penculikan anak yang marak terjadi di Pulau Lombok ini. Apa lagi jika kita lihat dari masyarakat sekitar sangat resah dengan kejadian tersebut.
    Apakah pihak berwajib telah mengusut hal ini, agar masyarakat tidak kembali resah dengan isu sara seperti ini.
    Jika ada informasi tentang semua ini, saya mohon agar ada berita lebih lanjut mohon di kabarkan, karena kami ingin ada informasi yang lebih jelas.

    Terimakasih!

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //