Hiruk Pikuk Lebaran

 

Bertepatan dengan adanya agenda cuti bersama, media lokal Banten, Kabar Banten dan Banten Raya tidak terbit mulai dari tanggal 20 hingga 22 Agustus 2012. Dan akan terbit kembali pada tanggal 23 Agustus 2012. Sementara, media lokal yang berhasil terpantau untuk minggu ini hanya dua edisi, yakni edisi 24 dan 25 Agustus 2012 untuk media Banten Raya. Sedangkan untuk media Kabar Banten tidak ada yang terpantau, dikarenakan tidak adanya suplai dari pihak distributor untuk wilayah Lebak.

Sumber foto dikutip dari media Banten Raya

Isu good governance masih menjadi pemberitaan yang paling banyak diberitakan dengan persentase 77,27 persen, di ikuti dengan isu criminal dengan 13,63 persen, lalu isu lingkungan hidup dengan 9,09 persen. Sementara untuk isu ham dan isu perempuan dan/atau anak untuk minggu ini tidak ada.

Minggu lalu (20-25 Agustus 2012), melonjaknya aktivitas arus balik paska Hari raya Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah mendapat sorotan dari wartawan. Seperti yang terjadi di Stasiun Rangkasbitung. Dalam pemberitaan  media Banten Raya edisi 24 Agustus 2012 (Volume Arus Balik Meningkat), memasuki H+4 Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah, volume arus balik di Stasiun Rangkasbitung mengalami lonjakan penumpang dari hari sebelumnya. Mamat Surohmat, Kepala Stasiun Rangkasbitung mengatakan, “Sampai H+4 ini arus balik penumpang yang hendak ke Jakarta mencapai 120 persen atau 80.750 penumpang”.

Minimnya penunjuk arah dan rambu lalu lintas selama musim mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah di Kabuten Lebak juga ikut meramaikan pemberitaan dalam media Banten Raya untuk kolom rubrik Lebak. Diberitakan sorang pemudik asal Sumatera Jaelani mengaku, sempat hampir tersesat karena minimnya rambu penunjuk jalan ke daerah tujuannya di Jakarta, Banten Raya edisi 25 Agustus 2012, (Minimnya Rambu, Pemudik Bingung).

Tidak hanya itu, antrean panjang yang tampak terlihat di salah satu SPBU 34.42303 di Jalan Raya Rangkasbitung-Pandeglang juga mendapat sorotan dari wartawan. Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium bagi kendaraan selama hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah mengalami kenaikan yang cukup tinggi dibandingkan dengan hari biasanya. Hal itu dapat terlihat dari panjangnya antrean di salah satu SPBU 34.42303 di Jalan Raya Rangkasbitung-Pandeglang sejak pagi hingga sore, Banten Raya edisi 25 Agustus 2012, (Lebaran, kebutuhan Premium Naik).

Berdasarkan hasil pemantauan, tampak terlihat bagaimana koran lokal Banten Raya dominan melayangkan pemberitaan seputar hiruk pikuk lebaran Idul Fitri 1433 Hijriyah. Sementara untuk koran lokal Kabar Banten, penulis sangat menyayangkan dengan ketidakadaannya suplai atau distribusi koran lokal Kabar Banten dari pihak distributor.

Selama sepekan pemantauan tidak ditemukan perilaku dari wartawan yang menyimpang.[fs]

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //