JEMAAH CALON HAJI NTB

(Dikutip dari Radar Lombok dan Lombok Post edisi 22 September 2012)

 

Pemberitaan Jamaah Calon Haji yang menjadi titik fokus pemberitaan 17 sampai dengan 22  September 2013. Sebanyak 124 berita yang terpantau, terdiri dari isu good governance 91,94 %, Kriminal 4,03 %, dan lingkungan hidup 4,03 %.

Tak ingin kecolongan ada Jemaah Calon Haji yang hamil, dari Dinas Kesehatan yang menjadi Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji akan tes urine untuk semua jamaah wanita.(Radar Lombok 18 September 2012). Jamaah Calon Haji yang termasuk dalam kelompok terbang satu akan masuk Asrama Haji NTB mulai besok, (Kamis 20/9). Selanjutnya, kloter pertama ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, pada Jumat (21/9) mendatang. (Lombok Post 19 September  2012).

Penetapan Bandara Internasional Lombok sebagai salah satu dari 12 embarkasi  haji di Indonesia disambut gembira jamaah  calon haji asal Kabupaten Lombok Utara. Salah seorang JCH dari Pemenang, Kabupaten Lombok Utara Idwar Sag menyambut gembira pemberangkatan haji melalui BIL, karena akan mengurangi biaya menuju ke Surabaya. “Enak, tidak terlalu capek ke Surabaya  lagi karena langsung menuju Jeddah,” katanya. (Radar Lombok 20 September 2012).

Jamaah Calon Haji NTB 2012 akan menjadi sejarah perhajian di Bumi Gora. Alasannya, JCH tahun ini merupakan yang pertama berangkat melalui Embarkasi Bandara Internasional Lombok. “JCH tahun ini akan masuk dalam sejarah,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur H Nasruddin. (Lombok Post 21  September  2012).

Jamaah Calon Haji NTB yang tergabung dalam kloter pertama asal Kota Mataram diberangkatkan perdana melalui embarkasi Lombok di Bandara  Internasional Lombok Manuju Jeddah. Sebanyak 320 JCH dilepas terbang perdana oleh Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi  didampingi Kanwil Kemenag NTB, H  Usman, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Ridwan Syah, GM PT Angkasa Pura I BIL Pujiono dan Direktur Perhubungan Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI Ir Djoko Muratmodjo. Pada saat pemberangkatan JCH kloter pertama Jum’at kemarin (21/9), di antara ratusan jemaah haji dari Kota Mataram terlihat seorang wanita tua yang duduk di kursi roda dengan raut muka ceria. Dia adalah Sakinah Binti Safiah, warga asal Babakan Kota Mataram. Kendati memiliki kekurangan sebagai calon jemaah haji yang lumpuh, namun ia memiliki semangat yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji ke baitullah. Keberangkatan ia ke tanah suci, berkat jasanya sebagai seorang pembantu di rumah makan Taliwang Cakra, Kota Mataram, sejak Zaman Belanda dulu. “Saya naik haji, karena saya didaftarkan oleh majikan, tempat saya bekerja di rumah makan Taliwang Cakranegara,” ungkapnya..(Radar Lombok 22 September 2012).

Dari tanggal 17 sampai dengan 22 September pemberitaan tentang Jemaah Calon Haji selalu mengisi harian kedua media lokal (Radar Lombok dan Lombok Post), dan pemantau tidak menemukan adanya perilaku median yang menyimpang.

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //