Mini Market Berjejaring Semakin Menjamur

Mini Market Berjejaring Semakin Menjamur

Mini Market Berjejaring Semakin Menjamur

Masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya, pemantauan Radar Jember 24 – 30 September 2012 didominasi oleh isu Good Governance. Total isu yaitu 68% dari total berita. Isu  Good Governance lebih kepada gagalnya interpelasi Bupati Jember yang menolak pengesahan Raperda PPT2MPP memberi peluang mini market berjejaring semakin merajalela.

Sedangkan isu Kriminalitas menjadi urutan kedua setelah Good Governance, yaitu 19% dari total berita. Minggu ini isu Lingkungan Hidup menjadi urutan ketiga, yaitu 13% dari total berita. Untuk  isu HAM, Perempuan Dan/Anak minggu ini tidak muncul sama sekali.

Menginjak pada pemberitaan penolakan pengesahan Raperda PPT2MPP, hal ini berimbas pada ketiadaan aturan yang membatasi mini market berjejaring di Jember.  Hak interpelasi oleh DPRD Jember terkait batas jumlah minimarket juga gagal dilakukan. Pasalnya, voting yang diambil oleh sidang peripurna dimenangkan anggota dewan yang menolak interpelasi. Pro interpelasi yang didapat hanya 20 suara, sedangkan yang menolak 26 suara.

Masih pada mini market berjejaring. Menjamurnya minimarket di Jember terus mendapat perlawanan dari sebagian wakil rakyat DPRD Jember. Hal ini dinilai melanggar Peraturan Menteri Perdagangan No 53/M-DAG/PER/12/2008 tentang pedoman penataan dan pembinaan PPT2MPP.

Beralih pada isu Lingkungan Hidup pada Radar Jember minggu ini lebih kepada kualitas Sungai Bedadung yang benar-benar mengkhawatirkan. Selain banyak ditemukan sampah, banyak ikan mati gara-gara dipotas warga. Selain itu, warga juga sering membuang sampah ke sungai.

Akibat minimnya sarana dan prasarana, 65 persen sampah di Jember tak tertangani. Produksi sampah mencapai 700 meter kubik tiap harinya. Data dari PU CKTR, dari 700 meter kubik itu hanya 35 persen yang tertangani dengan baik.

Sedangkan pada jemberpost.com, berita hanya dapat diakses pada tanggal 26 dan 28 September 2012. Isu yang mendominasi masih pada isu Good Governance.

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //