Harga Tembakau Anjlok

Harga Tembakau Anjlok

Harga Tembakau Anjlok

 

Masih sama seperti minngu-minggu sebelumnya, pemantauan Radar Jember 27 Agustus – 2 September 2012 didominasi oleh isu Good Governance. Total isu yaitu 61% dari total berita. Isu  Good Governance lebih kepada harga tembakau yang anjlok di tahun ini. Selain itu tentang warga Jember yang kerja di lur kota yang memanfaatkan mudik lebaran untuk ikut perekaman e-KTP.

Sedangkan isu Kriminalitas menjadi urutan kedua setelah Good Governance, yaitu 32% dari total berita. Minggu ini isu Lingkungan Hidup menjadi urutan ketiga, yaitu 7% dari total berita. Untuk  isu HAM, Perempuan Dan/Anak minggu ini tidak muncul sama sekali.

Dalam pemberitaan harga tembakau yang anjlok, tahun ini harga tembakau menurun hingga 50 persen. Tahun 2010 panen tembakau mengalami kerugian besar akibat hujan. Di musim kemarau tahun ini banyak petani yang memilih menanam tembakau. Namun, harga tembakau anjlok saat panen tiba.

Para petani menduga, anjloknya harga tembakau disebabkan para pengusaha yang ikut menanam tembakau. Padahal, dalam Perda No 7 Tahun 2003 tentang Pengusahaan Tembakau, pengusaha hanya boleh menanam tembakau maksimal seluas 5 hektare. Anjloknya harga tembakau membuat petani tembakau dan kalangan pabrik rokok mengadakan pertemuan di Hotel Bintang Mulia.   Walaupun belum berani memastikan harga pembelian, pabrikan akan tetap melakukan pembelian sesuai grade dan tidak akan merugikan petani.

Beralih pada berita perekaman e-KTP yang dimanfaatkan warga Jember yang bekerja di luar kota untuk mengikuti e-KTP pada saat mudik lebaran. Namun, ada sebagian oknum petugas yang menarik pungli dengan alasan mereka melakukan e-KTP tidak sesuai jadwal.

Isu Kriminal pada Radar Jember minggu ini yang banyak terjadi adalah kasus penganiayaan yang terjadi di Desa Pontang, Ambulu. Walaupun ada beberapa kasus tentang pencurian motor, salah satunya dialami Intan, warga Desa Andongsari, Ambulu.

Pada Isu Lingkungan Hidup memberitakan tentang Sungai Jompo yang menjadi tempat sampah terpanjang di Jember. Pasalnya, banyak warga Jember yang setiap harinya membuang sampah di sungai tersebut.

Sedangkan pada jemberpost.com, berita tidak dapat diakses sama sekali. Pertanyaannya, apakah di hari yang masih berbau lebaran, kerja jemberpost.com diliburkan?

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //