Rangkuman Berita di Pertengahan Bulan Agustus 2012

Pada laporan pemantauan kali ini ada penyajian yang sedikit berbeda daripada pemantauan sebelumnya terutama sajian berita yang pemantau kaji. Hal ini mengingat kepadatan informasi dan keterbatasan waktu jelang hari raya Idul Fitri 1433 H. Berdasarkan laporan berita yang termuat di kedua harian baik harian Tangsel Pos dan Tangerang Ekspres dalam hal ini pemantau merangkumnya dari sebagian laporan berita yang dimuat. Rangkuman berita pemantau rangkum ialah pemberitaan selama sepekan, biasanya pemantau menelaah laporan pemberitaan dalam sepekan sebanyak 5 hari namun kali ini pemantau menelaah kurang lebih selama 7 hari laporan berita di kedua media. Hal ini dilakukan pemantau karena pada pertengahan bulan Agustus 2012 berlangsung hari raya Idul Fitri 1433 H di mana kedua media H-3 jelang hari raya tidak terbit dan kembali terbit sekitar H+ 3 hari raya. Total laporan yang pemantau pantau secara aktif berkisar 7 hari dengan laporan berita sebanyak  63 berita dan masih dipimpin dengan 46 laporan berita tentang good governance.

Headline Harian Tangsel Pos Edisi 9 Agustus 2012

Merujuk laporan di kedua media pemantau mendapati berita seputar APBD-P 2012 mengalami kenaikan hingga Rp 38 miliar. Masing-masing kenaikan APBD-P dialokasikan ke dalam pos-pos di bidang kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum dan administrasi Sekretaris Daerah yang mendapatkan tambahan sesuai dengan kebutuhannya. Dalam laporan ini harian Tangsel Pos menulis, dalam prakteknya penggunaan APBD 2011 terdapat Silpa sebesar Rp 430 miliar dan akhirnya dimasukkan ke dalam APBD Perubahan 2012. Total APBD murni 2012 Kota Tangsel mencapai angka sekitar Rp 1, 985 triliun.  Harian Tangerang Ekspres pun melaporkan hal yang sama tentang APBD-Perubahan 2012 ini. Berkaitan dengan APB-P 2012 yang sudah ditambah harian Tangsel Pos melaporkan berita tentang fasilitas penerangan jalan umum (JPU) di beberapa titik yang masih padam. JPU yang padam sebanyak 1768 titik. Faktor rusaknya JPU ini dinilai dikarenakan faktor usia dan perawatan dan untuk itulah pihak DKPP bidang PJU mendapat anggaran tambahan sebesar Rp 1, 5 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pemasangan 293 titik PJU.

Pada edisi Kamis, 9 Agustus 2012 kedua harian melaporkan tentang kunjungan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan ke Kota Tangerang Selatan. Dalam kunjungannya Mendag didampingi oleh Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Kunjungan Mendag ke Kota Tangsel untuk melakukan sidak & penyegelan terhadap pabrik baja yang ditidak ber-SNI. Setelah itu Mendag melakukan sidak ke beberapa tempat seperti SPBU dan toko mainan anak yang tidak sesuai standar SNI. Kunjungannya diakhir di SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan untuk memberikan edukasi kepada pelajar di sekolah tersebut.  sedang di edisi Jumat 10 Agutus 2012 kedua media memberitakan sidang perdana kasus pemerkosaan dan pembunuhan Izzun—mahasiswi UIN Jakarta yang digelar di PN Tangerang. Dalam sidang perdana tersebut Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa seluruh pelaku dengan hukuman mati seusai dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, 338 KUHP tentang pembunuhan dan pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan.  Pada edisi Senin, 13 Agustus harian Tangsel Pos melaporkan tentang liputan mudik lebaran 2012 di mana terjadi kenaikan tarif sebesar 100 %, berita pelarangan membawa kendaraan dinas untuk mudik oleh Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, jalur mudik yang rawan macet akibat jalan yang rusak di sepanjang jalur mudik dari Kota Tangsel menuju Bogor terutama di area simpang Muncul menuju kawasan Puspiptek yang tembus ke Parung, Bogor.

Headline Harian Tangsel Pos 10 Agustus 2012

Headline Harian Tangsel Pos 10 Agustus 2012

Rangkuman berita di pertengahan bulan Agustus di tutup dengan laporan berita edisi hari Rabu, 15 Agutus 2012 yang memuat informasi tentang meningkatnya volume sampah di Kota Tangerang Selatan terutama sampah pasar. Dalam hal ini pihak DKPP sudah mengantisipasi dengan menambah tiga unit bak amrol (tempat penampungan sampah) di tiap-tiap pasar. Dalam laporannya kedua media melansir bahwa jumlah volume peningkatan sampah naik 100 % sebanyak 100 meter kubik per hari.

Pemantau melihat liputan di kedua media lebih dititikberatkan pada persolaan-persolan yang pemantau telaah diatas berupa laporan tentang APBD-Perubahan 2012 di mana terjadi penambahan di setiap pos-pos SKPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Sekretaris Daerah dan Dinas Tata Kota dan Pemukiman. Kemudian laporan terkait dengan sidak yang dilakukan oleh Mendag RI yang melakukan penyegelan terhadap produk-produk yang tidak sesuai standar SNI, pemberitaan sidang perdana kasus pemerkosaan dan pembunuhan mahasiswi UIN Jakarta yang digelar di Pengadilan Negeri Tangerang, laporan arus mudik di mana sebagian besar warga Kota Tangsel adalah pendatang sehingga Pemkot turun tangan dalam arus mudik 2012 di Kota Tangsel seperti pelarangan menggunakan kendaraan dinas untuk mudik lebaran oleh Wakil Walikota Tangsel, dan terakhir peningkatan volume sampah di pasar-pasar yang ada di Kota Tangsel, dalam laporannya Pemkot sudah mengantisipasi dengan menambah bak atau amrol penampungan sampah. Pada hematnya, persoalan-persoalan yang pemantau saji diatas adalah rangkuman dari banyaknya berita-berita yang di muat di kedua media selama 7 hari di pertengahan bulan Agustus 2012. [rrk]

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Renal Rinoza lahir di Jakarta, 8 Maret 1984. Tahun 2004 kuliah di Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan lulus tahun 2010. Tahun 2007 sempat kuliah di Program E.C Ilmu Filsafat Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta. Sehari-hari bergiat Komunitas Djuanda dan aktif menulis di Jurnal Footage, akumassa.org, dan Program Pemantauan Media akumassa.org.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //