Politik NTB Jelang Pemilukada 2013

(Dikutip dari Lombok Post edisi 10 Agustus 2012)

 

Hasil  pemantauan selama sepekan ini, isu good governance selalu menjadi perioritas kedua media lokal (Radar Lombok dan Lombok Post). Sebanyak 120 jumlah berita yang terpantau pada pekan ini terbagi dalam isu good governance sebanyak 93,33%, isu kriminal 3,33 %  dan isu lingkungan hidup 3,33%.

Dari pemantaun selama sepekan ini isi beritanya banyak focus pada masalah Politik NTB Jelang Pemilukada 2013. Dimana pada Radar Lombok edisi 6 Agustus 2012, Koalisi partai politik non parlemen akan mengusung Mesir Suryadi  sebagai calon gubernur dalam pilkada NTB 2013 mendatang. Seakan tidak mau kalah dengan partai lain, DPD Demokrat NTB mulai bergerilya mendekati partai-partai lain.

Harun Al-Rasyid dan Lalu Mara Satria Wangsa dua figur yang  disebut-sebut  akan maju di pilkada NTB menggelar pertemuan di Hotel Mulia Jakarta, Senin petang lalu (6/8). (Radar Lombok edisi 8 Agustus). Mantan Anggota DPR RI Mesir Suryadi  siap bertarung dalam bursa pencalonan gubernur  pada pilkada  NTB mendatang (Radar Lombok edisi 9 Agustus 2012).

Dalam Pemilu 2009 lalu, PKS termsuk salah satu parpol yang masuk dalam lima  besar. Di tingkat nasional, PKS berhak menempatkan  wakilnya  duduk di kursi pimpinan dewan. Prestasi PKS ini juga diikuti di NTB dengan berhasil menempati urutan ketiga dari sisi raihan suara. Hal ini menempatkan Suryadi Jaya Purnama yang kini menjabat Ketua DPW PKS NTB sebagai Wakil ketua DPRD (Lombok Post edisi 10 Agustus 2012). Sejumlah tokoh  bermunculan menyatakan kesiapannya untuk merebut posisi NTB 1 pada Pemilukada 2013 mendatang (Lombok Post edisi 11 Agustus 2012).

Selain pemberitaan tentang Politik NTB Jelang Pemilukada 2013, pemberitaan tentang Kasus Pembanguan Gedung IAIN selama ini masih belum tuntas selalu manjadi topik kedua media. Di samping itu berita tentang Mengenal Lebih Dekat Tokoh-Tokoh Agama Islam NTB selam 3 pekan ini masih terus mengisi harian Lombok Post.

Dari 6 sampai dengan 11 Agustus dari kedua madia lokal pemantau tidak menemukan adanya perilaku media yang menyimpang.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //