Bulan Ramadhan, Isu Kriminal Meningkat Drastis

Oleh / pada 6 Agustus 2012 / di DKI Jakarta, Kriminal // Belum ada komentar

Sersan Dua Kopassus, Nicolas Sandi Harewan

Hasil pemantauan media lokal di Jakarta yang diwakili surat kabar Berita Kota dan Warta Kota terhimpun 124 berita sejak tanggal 23-29 Juli 2012. Dari jumlah keseluruhan terdiri dari 41,3 persen isu good governance, 41,4 persen isu kriminalitas, 12,1 persen isu HAM, 0,9 persen isu lingkungan hidup dan 4,3 persen isu perempuan dan/atau anak.

Di awal bulan pertengahan bulan Juli 2012, yang merupakan awal bulan Ramadhan 1433 H, tiba-tiba sajian berita tentang isu kriminal di surat kabar Warta Kota dan Berita Kota meningkat drastis. Biasanya isu ini hanya hanya mencapai presentase belasan persen, tiba-tiba meningkat hingga angka 41,3 persen. Beritanya meliputi perampokan, pembunuhan, pemerkosaan dan aksi kejahatan lainnya.

Namun yang menjadi fokus surat kabar ini adalah peristiwa pemerkosaan di dalam angkot CO1 terhadap seorang karyawati berinisial IS (31) yang berhasil digagalkan. Pada edisi Rabu (25/7) baik Warta Kota (Cewek Nyasris Diperkosa di Angkot) maupun Berita Kota (Kopassus Selamatkan Karyawati yang Dicekik dan Ditiduri di Angkot) menyajikan berita berupa apresiasi terhadap Sersan Dua Komando Pasukan Khusus, Nicolas Sandi Harewan sebagai pahlawan, karena dia berhasil mengagalkan aksi kejahatan tersebut.

Begitu juga pada hari Kamis, kedua surat kabar ini masih memberikan kesempatan di halaman muka untuk informasi kelanjutan peristiwa tersebut (Warta Kota, Nicolas: Saya Bukan Pahlawan, Itu Naluri dan Berita Kota, Nicolas: Semua Bisa Jadi Pahlawan). Tapi pada edisi ini beritanya lebih banyak menghadirkan cerita usaha Nicolas saat melakukan aksi kejar-kejaran dengan supir angkot CO1. Meskipun tak berhasil menangkap para pelaku, Nicolas mampu menggagalkannya.

Kemudian pada hari Jumat, Warta Kota masih melanjutkan peristiwa itu dengan sajian keadaan psikologi korban yang menjadi enggan keluar rumah (Korban Pelecehan di Angkot Trauma). Sedangkan Berita Kota (Polisi Bekuk Dua Bandit Angkot C01) memberikan sajian penghargaan sejumlah petinggi Kopassus untuk Nicolas pada acara serah terima jabatan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus dari Mayjen Wisnu Bawa Tenaya ke Mayjen Ahmad Yani di Cijantung. Berita ini juga memuat ucapan apresiasi dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, serta hadiah dari Pemkot Jakarta berupa fasilitas pesawat pulang kampung ke Papua untuk Nicolas.

Di penghujung pekan, kedua surat kabar menyajikan informasi perampokan Kantor Pegadaian di Ciracas, Jakarta Timur. Peristiwa ini dikabarkan para perampok berhasil menggasak emas gadaian pelanggan dan sejumlah uang tunai dengan total Rp 380 juta, juga melukai perut satpam dengan peluru (Berita Kota, Pegadaian Dirampok Rp 380 Juta dan Warta Kota, Rampok Pegadaian Tembak Satpam).

Untuk isu good governance, kedua surat kabar memberikan fokus pada isu-isu nasional seperti proses sidang tersangka suap kasus cek pelawat Debuti Gubernur Bank Indonesia (BI), Miranda Swaray Goeltom, kelanjutan proses Angelina Sondakh, dan penyidikan di Kementrian Agama terkait korupsi pengadaan Alquran.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //