PEMBOBOL BANK, PENEMBAKAN HINGGA PEMBAPTISAN

Isu kriminal kembali mendominasi pemberitaan yang saya pantau mulai dari tanggal 4 hingga 10 Juni 2012. Semuanya berjumlah 149 berita. Seperti biasanya Harian Prohaba masih dengan berita pencurian, pengangkutan ganja, pelecehan seksual dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

harian ini hanya membahas kasus yang terjadi dalam lingkup warga sipil. Berbeda dengan Harian Serambi yang memuat kasus yang lebih bervariasi. Diantaranya kasus pebisnis Multi Level Marketing (MLM) yang membobol Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Kabupaten Singkil yang merugi hingga 1,9 Miliar.

Setelah melakukan proses pengusutan sejak dua bulan lalu, akhirnya Polres Singkil menetapkan empat pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Subulussalam sebagai tersangka manipulasi kredit sebesar Rp 1,9 miliar dan keempatnya resmi ditahan sejak 27 Mei 2012. Tersangka berhasil membobol uang BRI sebesar Rp 1,9 miliar yang digunakan untuk bisnis Multi Level Marketing (MLM) TVI Ekpress.

Selain kasus tersebut yang cukup hangat selama seminggu ini adalah kasus tertembaknya seorang mekanik di Lhokseumawe. Penembak yang belum teridentifikasi beraksi di Kota Lhokseumawe, Senin (4/6) sore. Korbannya adalah Nasrul Mahyar (28), warga Panggoi, Kecamatan Muara Dua yang sehar-hari bekerja sebagai mekanik di Rasio Auto, Panggoi.

Info terbaru dari Nasrul menyebutkan, target utama penembakan itu sebenarnya bukan dirinya tetapi teman yang diboncengnya, yaitu Bongkeng. Temannya ini adalah kader Partai Aceh (PA). belum diketahui apa motif dari penembakan tersebut dan pelaku belum terindentifikasi.

Di akhir minggu Banda Aceh dikejutkan dengan berita pembaptisan. Polisi dari Polresta Banda Aceh, Jumat (8/6/2012) siang menggeledah rumah tersangka pembaptis warga Neuheun, di Kompleks Perumahan Dolog, Tanjung Pagaraye. Dalam penggeledahan itu, tersangka Tyson Keybulan asal Sulawesi Selatan terlihat diikutkan, sementara rekan wanitanya menurut pihak kepolisian tidak diikutkan dan berada di Mapolresta Banda Aceh.

Roy Tyson Kelbulan (24) asal Sulawesi Selatan dan rekan wanitanya, Ribur Manullang (31), sempat diamuk massa ketika berupaya membaptis seorang warga di Kompleks Perumahan Budha Tzu Chi, Gampong Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Rabu 30 Mei 2012. Kasus ini sempat sangat menghebohkan warga Banda Aceh dan Aceh Besar apalagi Aceh dengan syariat Islam. Masalah agama termasuk hal yang sensitif.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Maina Sari, Lahir di Lambadeuk, Aceh Besar, 25 Agustus 1987. Lulusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN Ar-Raniry) Banda Aceh. Sekarang Aktif di Radio Flamboyant FM Banda Aceh dan Akumassa.

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "PEMBOBOL BANK, PENEMBAKAN HINGGA PEMBAPTISAN"

  1. renal 24 Juli 2012 pukul 22:37 · Balas

    wah Maina sih si pembaptis kyknya nekat bener tuh ha..ha..ha..

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //