Pungli Sekolah Negeri di Jember

Pungli Sekolah Negeri di Jember

Pungli Sekolah Negeri di Jember

 

Minggu ini, isu Good Governance (82 % dari total berita) masih terus mendominasi Radar Jember 2-8 Juli 2012. Isu Good Governance kali ini lebih kepada pungutan liar yang dilakukan beberapa sekolah negeri di Jember menjelamg daftar ulang. Selain itu, kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan puasa menghiasi isu good governance Radar Jember.

Isu kriminal menurun dari minggu sebelumnya, yaitu 18% dari total berita. Minggu ini isu HAM tidak muncul sama sekali. Begitu juga dengan Perempuan Dan/Anak dan isu Lingkungan Hidup.

Dalam pemberitaan tentang pungutan liar di sekolah negeri di Jember, pungutan liar yang dilakukan beberapa sekolah mempunyai alasan yaitu dalih uang seragam dan kebutuhan lainnya. Bahkan di Tanggul biaya daftar ulang di sebuah SLTA bisa mencapai jutaan rupiah, padahal hal ini jauh dari upah minimum kabupaten (UMK) yang hanya Rp 920 ribu. Di sebuah SLTA di Tanggul menarik biaya daftar ulang sebesar Rp 1,7 juta rupiah.

Sedikit berbeda dengan beberapa SMPN di kawasan kota. Meski tidak diwajibkan untuk membeli seragam namun secara halus orang tua murid dibuat agar tetap membeli seragam di sekolah. Awalnya orang tua murid yang melakukan daftar ulang hanya mendapat informasi mengenai syarat daftar ulang seperti, mengisi registrasi dan kelengkapan fotokopi ijazah, SKHU legalisasi, serta foto murid. Tetapi saat menyerahkan formulir, orang tua murid diharapkan membeli seragam di sekolah.

Sejumlah sekolah yang masih membebani orang tua dengan pungutan harus mendapat tindakan tegas. Kalangan DPRD Jember meminta Inspektorat Jember untuk turun ke lapangan melakukan pengawasan.

Beralih pada naiknya haga bahan pokok menjelang bulan puasa. Dua minggu menjelang puasa, harga sejumlah bahan pokok mulai naik. Dua komoditas mengalami kenaikan paling tinggi, yaitu minyak goreng dan telur.

Kenaikan harga beberapa komoditas pangan berdampak inflasi di Jember. Inflasi di Jember pada Juni mencapai 0,81 persen. Sedangkan pada Mei lalu, inflasi di Jember hanya 0,31 persen.

Sedangkan pada jemberpost.com, minggu ini tidak bisa diunggah sama sekali. Tidak ada berita pada bulan Juli awal sampai pemantauan 8 Juli 2012. Beberapa hari lalu tepatnya 6 – 7 Juli 2012 jemberpost.com malah tidak bisa diakses sama sekali. Pertanyaannya, apakah karena kerusakan server atau kerja jemberpost.com memang dihentikan sementara?

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //