Siapa Pasang Iklan, Dia Jadi Berita

Pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) DKI Jakarta sudah masuk masa kampanye yang dimulai sejak Senin, 25 Juni 2012. Masa-masa seperti ini menjadi sangat penting bagi seluruh elemen, baik yang sedang berebut kursi jabatan maupun masyarakat. Sudah tentu media massa lokal menjadi wadah utama sebagai corong kampanye bagi para kandidat dan menjadi lading informasi bagi warga untuk lebih mengenal para calon. Namun, sepertinya warga Jakarta yang memiliki hak pilih hanya bisa mengenal para kandidat yang memasang iklan di media massa, dalam hal ini surat kabar Warta Kota dan Berita Kota. Semakin sering dan besarnya iklan yang dipasang semakin sering juga berita yang hadir untuk warga Jakarta.

Berdasarkan hasil pemantauan seminggu kemarin, dapat terlihat jelas surat kabar Warta Kota dan Berita Kota setiap hari membuat berita tentang Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara). Hal ini juga dibarengi dengan iklan pasangan tersebut yang muncul setiap hari. Kadang di halaman muka dan kadang di dalam. Besarnya iklan pasangan tersebut bisa satu halaman penuh bahkan sering juga dibuat menjadi halaman tambahan yang besarnya mencapai tiga per empat halaman utuh.

Pasangan Alex Noerdin dan Nono Sampono (Alex-Nono) juga demikian. Mereka tidak mesang iklan setiap hari, namun sekalinya muncul bisa memuat satu halaman penuh. Seperinya hal ini memperngaruhi kemunculan berita tentang pasangan tersebut meskipun kuantitasnya di bawah pemberitaan Foke-Nara.

Untuk pasangan Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini, biasanya mereka muncul di tengah berita tentang Foke-Nara atau Alex-Nono. Untuk urusan iklan, pasangan ini cukup sering memesan halaman, namun tidak dengan ukuran yang besar. Sepertinya hal ini yang membuat mereka tidak menjadi berita utama. Begitu juga dengan pasangan Jokowi-Ahok.

Ironisnya, pasangan Faisal Basri dan Batubara dan Biem Benyamin sama sekali tidak muncul dalam berita yang dimuat surat kabar Berita Kota pada rubrik DKI 1 (rubrik yang memuat informasi seputar pemilukada DKI Jakarta 2012). Jika dilihat dari pemasangan iklan, pasangan tersebut memang sama sekali tidak memasang iklan di surat kabar Berita Kota. Namun pasangan ini sempat muncul informasinya di surat kabar Warta Kota pada hari Senin dengan kolom yang sedikit.

Melihat hal ini saya mengansumsikan kedua surat kabar tersebut seperti akan memberitakan siapa saja pasangan yang memasang iklan. Semakin sering dan semakin besar iklannya, maka semakin muncul menjadi berita.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //