Dikemas Seperti Reality Show di TV

Selama satu minggu, tanggal 18 hingga 24 Juni, isu good governance masih menjadi isu yang dominan, dengan perbandingan angka yang berbeda jauh. Sebanyak 78 artikel (61,904% dari total 126 artikel) merupakan isu good governance, 21 artikel (16,666%) kriminalitas, 16 artikel (12,698%) lingkungan hidup, 6 artikel (4,761%) perempuan dan/atau anak, dan 5 artikel (3,968%) hak asasi manusia (HAM).

Isu good governance yang mendominasi pada minggu ini, salah satunya, karena ada kasus penyegelan SDN 1 Leuwinanggung oleh warga karena persoalan sengketa tanah dengan ahli waris. Ketiga koran tersebut secara intens memberitakan perkembangan nasib sekolah tersebut. Bahkan, ketiga koran menurunkan beritanya dengan unsur dramatisasi yang terkesan seperti acara-acara reality show di televisi, dengan memuat foto-foto yang mengharukan, siswa yang nangis, dan sebagainya (lihat pada ketiga koran, tanggal 19 – 21 Juni 2012). Sehari setelah pemberitaan bahwa segel sekolah dibebaskan oleh Pemkot Depok (Satpol PP), berita tentang sekolah tersebut tidak terlihat lagi hingga di penghujung minggu.

Terkait dengan pemuatan berita, pemantau berpendapat bahwa mendramatisasi peristiwa dalam sajian sebuah berita tidak sepenuhnya salah. Namun, diharapkan kepada ketiga koran untuk tidak bias dalam menyampaikan informasinya.

Untuk isu perempuan dan/atau anak, minggu ini mengalami penurunan kembali (dari 14 artikel di minggu lalu, menjadi 6 artikel minggu ini) sementara isu HAM tetap sebanyak 5 artikal. Hal ini masih terus menjadi perhatian pemantau, dan semakin lama semakin memancing pertanyaan, mengapa perhatian koran lokal Depok terhadap dua isu tersebut sangat rendah? Jelas ini menjadi satu kritik yang perlu diperhatikan oleh ketiga koran lokal Depok tersebut.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Manshur Zikri (21 tahun) adalah seorang mahasiswa Program Studi Kriminologi, FISIP, Universitas Indonesia. Saat ini dia menjadi salah seorang pemantau dalam Program Pemantauan Media Berbasis Komunitas, Forum Lenteng, untuk perwakilan lokasi Kota Depok. Selain aktif berkegiatan di Forum Lenteng, Zikri juga aktif dalam kegiatan jurnalisme warga bersama komunitas akumassa Depok, SUBURBIA, yang mengkaji persoalan sosial, budaya dan media di Kota Depok dan sekitarnya.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //