E-KTP, Penambangan Pasir Besi dan Narkoba

EKTP (Radar Jember)EKTP (Radar Jember)

EKTP (Radar Jember)

Pada minggu ini, 11-17 Juni 2012, isu good governance masih mendominasi pemberitaaan di Radar Jember, yaitu mencapai 62% dari total berita. Isu good governance dihiasi oleh penggalakan E-KTP Pemkab Jember yang telah sampai tahap perekaman. Terkait E-KTP, kali ini Radar Jember mengangkat berita tentang perekaman data E-KTP di Kabupaten Jember.

Menyoroti perihal penerapan sistem perekama E-KTP 34 jam nonstop alias tidak berhenti. Hal ini diantaranya dilakukan di beberapa kecamatan, seperti Wuluhan dan Ambulu. Di sini pemerintah memberdayakan peran perangkat desa untuk selalu mengawal perekaman warganya selama 24 jam nonstop. Selanjutnya berita mengenai Kecamatan Wuluhan yang memperoleh peringkat pertama nasional dalam hal jumlah pencatatan nasional. Sejauh ini perkembangan perekaman data E-KTP cukup signifikan. Bahkan, presentase perekaman penduduk di lima kecamatan dari 31 kecamatan di Kabupaten Jember mampu menembus lebih dari 50 persen.

Sementara itu, porsi pemberitaan isu kriminal pada minggu ini menempati posisi kedua, di bawah isu good governance, yaitu sekitar 28% dari total berita. Isu kriminal diisi oleh beberapa berita, diantaranya perkelahian warga, penggelapan uang dan yang paling di soroti mengenai isu narkoba dari pemakai dan pengedar. Berdasarkan data Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Jember, sejak 2005 sampai 2011 ada 240 kasus narkoba yang ditangani Polres Jember. Menurut kepala BNK, Kompol Teduh T.S.W, mayoritas pemakai narkoba adalah para remaja. Sedangkan pada tanggl 13 Juni 2012, dua orang pengedar bapak dan anaknya, polisi mengamankan barang bukti berupa satu poket SS.

Isu lingkungan hidup dan perempuan atau anak berada di posisi ketiga, yakni masing-masing 5% dari total berita. Pembahasan isu lingkungan ini terkait dengan Jember yang memiliki 70 pulau tak bernama. Menurut Nurul Hidayah, staff dinas perikanan dan kelautan kabupaten Jember, pemanfaatan potensi pulau-pulau kecil di Jember masih belum optimal. Bahkan diantaranya dari 130-an pulau yang ada, 70 masih belum diberi nama.

Sedangkan Jemberpost.com, seperti biasanya, pada minggu ini hanya menurunkan dua judul berita yang masing-masing bertajuk kriminal

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //