PELANTIKAN GUBERNUR BERGESER 25 JUNI

Pemantauan berita dari tanggal 28 Mei hingga 3 Juni 2012 lalu didapat kesimpulan isu kejahatan mendominasi pemberitaan secara keseluruhan yang berjumlah 41 dari total 136 berita. Namun bila melihat harian Serambi Indonesia isu good governance mendominasi pemberitaan. Sebagai salah satu harian yang sangat popular di Aceh.

Isu yang cukup berkembang seputar pemerintahan, para pejabat, dan mengenai pelantikan gubernur terpilih yang diminta oleh pihak Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) tetap pada jadwal yang disepakati tertanggal 4 juni. Akan tetapi pihak Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, sehingga telah ditetapkan akan dilantik pada tanggal 25 Juni mendatang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Hasbi Abdullah mengatakan pergeseran itu disebabkan ketidaksiapan dari Kementerian Dalam Negeri untuk melantik Gubernur Aceh terpilih pada 4 Juni 2012. gubernur dan wakilnya akan dilantik Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Diperkirakan mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla juga akan hadir dalam pelantikan. Kalla dinilai berjasa besar di Aceh dalam perundingan mengakhiri konflik di Aceh, yang menghadirkan MoU Helsinki pada 15 Agustus 2005.

Sementara isu kriminal yang banyak diberitakan di kedua media menyangkut tindak kriminal yang sempat terjadi beberapa waktu lalu selama proses pilkada di Aceh. Yang terjadi kepada tim sukses (timses) beberapa kandidat calon gubernur/wakil gubernur  Aceh periode 2012-2017. Di samping itu media Prohaba  masih dengan kasus kriminal seperti pencurian sepeda motor yang makin marak teradi di beberapa tempat di wilayah Aceh, serta beberapa kasus pelecehan seksual.

Melihat dengan keadaan yang terjadi di wilayah Aceh selama beberapa pekan terakhir isu lingkungan juga jadi salah satu isu yang cukup menarik perhatian. Dengan cuaca yang cukup ekstrim, angin kencang dan hujan lebat disertai badai yang mengganggu aliran listrik sehingga pihak PLN sering melakukan pemadaman, gelombang tinggi dan pohon serta baliho yang bertumbangan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memprediksikan hal ini akan terus berlangsung hingga beberapa waktu kedepan.

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Maina Sari, Lahir di Lambadeuk, Aceh Besar, 25 Agustus 1987. Lulusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN Ar-Raniry) Banda Aceh. Sekarang Aktif di Radio Flamboyant FM Banda Aceh dan Akumassa.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //