Pembahasan UU Pemilukada dan Menyoal Balondes di Desa Sawarna

 

Dalam sepekan pemantauan terhadap media lokal Kabar Banten dan Banten Raya, 14 hingga 20 Mei 2012 tercatat ada 97 total artikel berhasil terkumpul. Adapun pencapaian hasil yang diperoleh dari masing-masing isu adalah sebagai berikut: isu good governance 58,762%, isu criminal 14,432%, isu lingkungan hidup 13,402%, isu perempuan dan/atau anak 7,216%, dan isu HAM 6,185%.

Pemberitaan seputar isu good governance, nampak masih mendominasi diantara isu-isu yang lain. Itu dapat terlihat dari raihan hasil prosentase masing-masing isu. Minggu lalu, pemberitaan terkait isu good governance untuk rubrik Lebak masih menyoroti seputar pra-Pemilukada Lebak 2013. Dalam media Kabar Banten edisi 14 Mei 2012 yang berjudul “Pemilukada Gunakan UU Baru”, disebutkan bahwa kemungkinan pelaksanaan Pemilukada Lebak 2013 mendatang akan menggunakan Undang-undang Pemilukada baru. Adapun inti dari Undang-undang Pemilukada baru tersebut, yakni pola pemilihannya langsung dan tidak ada pemilihan calon wakil kepala daerah. Untuk wakil kepala daerah ditunjuk oleh bupati terpilih dari birokrat dan diusulkan ke DPRD. Sampai saat ini, RUU Pemilukada Lebak tersebut masih dalam proses pembahasan di DPR di Komisi II.

Dikutip dari media Kabar Banten

Disamping pemberitaan isu good governance, ada satu artikel yang terkait masalah HAM yang menurut pemantau, perlu adanya suatu pembenaran dalam artikel tersebut. Masih dalam media Kabar Banten edisi 15 Mei 2012, yakni menyoal “Balondes Keluarga Demokrat Dicekal”. Dalam artikel diberitakan, “Seorang bakal calon kepala desa (balondes) di Desa Sawarna, Ade Teja dicekal oleh panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Sawarna, dengan alasan mempunyai dua KTP. Sementara itu, dua Balondes dari keluarga Partai Golkar mulus-mulus saja dan nyatakan lolos persyaratan oleh pihak panitia”.

Nampak ada yang timpang dalam isi artikel tersebut, dalam judul tertulis “Balondes Keluarga Demokrat Dicekal”. Setelah pemantau membaca secara menyeluruh isi dari artikel tersebut, tidak ditemukan satu kutipan pun yang menyebutkan bahwa pencekalan yang dilakukan oleh panitia pilkades Desa Sawarna terhadap Ade Teja, dikarenakan yang tercekal mempunyai suatu hubungan atau kerabat dengan partai politik (parpol) yakni Partai Demokrat, melainkan karena Ade Teja memiliki KTP Ganda. Terlebih dengan adanya kutipan yang membandingkan Ade Teja dengan dua bakal calon kepala desa dari keluarga Golkar, yang dinyatakan lolos persyaratan oleh pihak panitia tanpa harus menemui kendala alias ‘mulus-mulus’ saja. Dengan alih-alih memaparkan fakta, pemantau melihat  dengan jelas adanya suatu opini wartawan yang diselipkan yang sifatnya menuju ke arah provokasi yang berpotensi dapat menimbulkan perseturuan antara pihak-pihak terkait. Terlebih dengan pemilihan judul. Dalam kasus ini seharusnya wartawan tidak usah beropini atau berpendapat, karena memang tugas utama seorang wartawan itu adalah melaporkan sebuah fakta bukan menulis opini.

Selama sepekan pemantauan tidak ditemukan perilaku wartawan dilapangan yang mengarah pada penyimpangan. [fs]

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //