E-KTP dan Perampokan Emas

Perampokan Toko Emas (Radar Jember)

Perampokan Toko Emas (Radar Jember)


Pada minggu ini, 14-20 Mei 2012, isu good governance masih mendominasi pemberitaaan di Radar Jember, yakni mencapai 50% dari total berita. Tak jauh berbeda dari minggu sebelumnya, isu good governance masih diisi oleh penggalakan E-KTP Pemkab Jember. Terkait E-KTP, kali ini Radar Jember menyoroti perihal kinerja para petugas E-KTP di Kecamatan Sumbersari yang ternyata didominasi oleh perempuan, yang kedua perihal permohonan tambahan anggaran dana yang diperuntukkan kepada petugas E-KTP di lapangan. Sejauh ini tidak ada permasalahan yang berarti dalam penyelenggaraan E-KTP di Kabupaten Jember. Malah, dari data yang telah terkumpul, telah terdaftar sekitar setengah juta jiwa di database Pemkab Jember.

Sementara itu, meski pada beberapa minggu terakhir ini, isu kriminal mengalami penurunan, akan tetapi posisinya masih membayang-bayangi isu good governance, yakni berada di urutan kedua, 28% dari total berita. Isu kriminal diwarnai oleh sejumlah pencurian, perjudian, dan yang paling santer dibicarakan yakni peristiwa perampokan emas yang kembali terulang di wilayah Polres Jember. Kali ini perampokan emas terjadi di Kecamatan Umbulsari, tepatnya di jalan raya Paleran. Padahal kasus serupa yang pada minggu lalu terjadi di kecamatan Sumbersari hingga kini belum mendapat titik terang. Kesuksesan Polres Jember lebih banyak pada kasus-kasus ‘kecil’ seperti penangkapan pengecer togel.

Isu lingkungan berada di posisi ketiga, yakni 17% dari total berita. Peningkatan isu lingkungan ini terkait dengan perayaan hari bumi yang memang banyak direspon sejumlah komunitas, terutama kelompok pecinta alam di Jember. Dalam salah satu peringatan berupa pembersihan sampah di Sungai Bedadung, seperti dilaporkan Radar Jember dalam dua tajuk berita yang berbeda, seorang mahasiswa Pecinta Alam (PA), Muhammad Fatah, 23, Jurusan Fisika MIPA Universitas Jember, meninggal di sungai Bedadung. Jenazahnya ditemukan di dasar kali setelah pencarian yang cukup alot.

Sementara itu, isu perempuan dan/atau anak hanya mendapat porsi 5% dari total berita.

Sedangkan Jemberpost.com, seperti biasanya, pada minggu ini hanya menurunkan tak lebih dari tiga judul berita.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //