Tiga TKI Yang Mati Tertembak Di Malaysia Banyak Mendapat Perhatian Dari Berbagai Kalangan

 (Dikutip dari Radar Lombok Sabtu 12 Mei 2012)

            Hasil pemantauan terhadap dua koran lokal (Radar Lombok dan Lombok Post) dari tanggal 7 sampai dengan 12 Mei 2012 isu good governance masih paling banyak dibahas. Sebanyak 105 total jumlah berita yang dipantau, sebanyak   74.28571% isu good governance, Ham 7.619048%, kriminal  15.2381%, lingkungan hidup 2.857143%.

Dari semua isu-isu tersebut, ada beberapa berita yang selalu di bahas, yakni tentang  tiga TKI yang mati tertembak di Malaysia. Pada pemberitaan Radar Lombok hari Senin, 7 Mei  2012. Sejumlah seniman, sastrawan dan penyair yang cukup dikenal di NTB, nampak hadir di Taman Budaya pada Sabtu sore lalu (5/5). Satu per satu tampil di panggung mengekspresikan keprihatinannya terhadap kasus penembakan tiga TKI asal Kecamatan Pringgasela, Lotim dan berbagai kasus TKI lainnya. Apahjagah Institut  Mataram, bekerjasama dengan pengelola Taman Budaya dan beberapa komunitas sastra NTB, menggelar acara baca puisi Sabtu Sastra untuk TKI.

Tim delegasi DPD RI dan pejabat terkait yang berkunjung ke malaysia terkait kasus kematian tiga TKI asal Lombok Timur, mendorong Suhakam untuk melakukan pengawalan atas proses penegakan hukum oleh Kejaksaan Agung dan Mahkamah Malaysia. “Semua informasi telah kami sampaikan kepada Suhakam dan Komnas HAM akan berperan aktif melakukan koordinasi selama proses penegakan hukum, sementara KBRI telah menyiapkan tenaga lowyer yang juga akan bekoordinasi dengan Suhakam,” kata Farouk Muammad, anggota  DPD Ri asal NTB sekaligus Pimpinan Tim DPD RI dan Komnas HAM kepada Radar Lombok, Kamis Kemarin (10/5). (Radar Lombok hari Jum’at, 11 Mei  2012).

Keluarga  tiga TKI mendapat santunan yang dierahkan langsung Dirjen Bina Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI DR Reyna Usman, di aula Kantor Dinakertrans (NTB), Jum’at kemarin (11/5). Bantuan kemanusiaan itu diterima Nurmawi kakak dari Mad Noor, H Mas’um ayah dari Herman da Tohri kakak dari Abdul Kadir Jaelani. Mardiah, 21 Tahun istri dari Herman juga hadir bersama anaknya Putri yang baru berusia 19 Tahun. (Radar Lombok hari Sabtu, 12 Mei  2012).

Disamping berita tentang TKI, masalah mutasi pegawai pemprov NTB banyak juga dibahas. Mutasi yang digelar Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi Jum’at lalu (4/5) dinilai penuh nuansa politik. Ini terlihat ditambahnya skuad Nahdlatul Wathan (NW) di jajaran Pemprov NTB. Sekjen NW Suruji yang sebelumnya menjabat Kepala BKD Lotim, langsung ditempatkan sebagai Kepala BKD Provinsi NTB. Praktik ini pun dinilai meniadakan gernerasi di lingkup Pemprov NTB. (Radar Lombok hari Senin, 7 Mei  2012). Keputusan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengangkat Suruji sebagai Kepala BKD NTB menggantikan HM Zaini yang memasuki masa pensiun, mendapat sorotan luas. Dari 200 lebih pejabat yang dilantik Jum’at lalu, dia seorang pejabat dari Kabupaten yang dilantik jadi pejabat eselon II di Pemprov NTB. Banyak nada sumbang yang bermunculan terhadap keputusan Gubrnur itu. Suruji yang saat itu memangku jabatan Kepala BKD Lotim, disebut-sebut lebih ditarik karena kedekatan Suruji dengan Gubernur. Dimana Gubernur TGH Zainul Majdi saat ini menjabat Ketua PB NW sedangkan Suruji menjabat Sekjen NW. ditengah sorotan itu, Suruji nampaknya cukup santai menghadapinya. Dia tidak ingin larut dalam pro kontra itu. Dia ingin fokus bekerja mengerjakan tugas-tugasnya yang ada.

Hasil pemantauan dari 7 sampai dengan 12 Mei 2012 Radar Lombok masih menunjukkan keseriusannya memberitakan masalah tiga TKI yang mati di tembak di Malaysia. Serta pemantau tidak menemukan perilaku media yang menyimpang.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dilahirkan di Pemenang, Lombok Utara pada tanggal 31 Desember 1979. Ia adalah seorang wirausaha yang aktif dalam kegiatan di komunitas lokalnya, Komunitas Pasir Putih. Selain itu ia juga ambil bagian dalam kegiatan pemantauan media lokal berbasis komunitas bersama Forum Lenteng.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //