Pemilukada Makin Ramai

 

Hasil pemantauan yang dilakukan terhadap media Kabar Banten dan Banten Raya dalam sepekan ini, 7 Mei 2012 sampai dengan  13 Mei 2012, isu good governance masih menjadi sajian yang paling banyak diturunkan oleh kedua media. Dari total 105 artikel jumlah  rekapitulasi tabel matriks mingguan yang berhasil terkumpul di peroleh, isu good governance 54,285%, kriminal 21,904%, lingkungan hidup 12,380%, perempuan dan/atau anak 8,571%, dan HAM 2,857%.

Isu good governance yang paling banyak di bahas untuk minggu ini yaitu seputar menjelang pemilukada Lebak 2013. Adapun sejumlah nama-nama kandidat atau bakal calon bupati dan wakil bupati yang diperkirakan bakal manggung pada pemilukada Lebak 2013 nanti seperti, Ir. Amir Hamzah, Hj, Iti Oktavia Jayabaya, Eli Mulyadi, dan H. Sumantri Jayabaya kembali mengisi pemberitaan terkait isu good governance khususnya untuk rubrik Lebak.

Dikutip dari media Kabar Banten

Pada pertengahan minggu ini, kabar teranyar yang jadi sorotan media adalah munculnya satu kandidat baru yang kabarnya akan ikut meramaikan pemilukada Lebak 2013, yakni Nevi Pahlevi yang merupakan ketua dari DPD KNPI Lebak. Media Kabar Banten edisi 7 Mei 2012 yang berjudul “Siap Manggung”, dalam artikel tersebut, dengan berbekal dorongan dan dukungan dari sejumlah elemen masyarakat yang umumnya dari kalangan pemuda dan tokoh masyarakat, Nevi Pahlevi menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri sebagai balonbup pada pemilukada Lebak 2013. Namun, lain halnya dengan pemberitaan di media Banten Raya, sehari setelah pemberitaan terkait kesiapan Nevi Pahlevi  mencalonkan diri menjadi balonbup, justru malah mendapat kecaman dari sejumlah akademisi dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Dalam pemberitaan media Banten raya edisi 8 Mei 2012 yang berjudul “Sikap Ketua KNPI Dikecam”, Imam Sampurna , Akademisi STKIP Setia Budhi Rangkasbitung menilai “sikap Nevi Pahlevi dalam kesiapannya mencalonkan diri menjadi bupati, dinilai tidak cerdas. Terlebih, keluar dari seorang ketua KNPI Lebak. Ini sudah menodai amanah yang sudah diberikan kepada Nevi,” ujar Imam. Hal senada juga dilontarkan dari ketua PK KNPI Cibadak Badri yang menyayangkan pernyataan Nevi yang siap nyalon karena kapasitasnya sebagai Ketua KNPI. “Sebagai lembaga wadah kepemudaan harusnya netral, independen, dan focus terhadap pembinaan kepemudaan jangan terjun ke politik praktis,” tegas Badri. Sementara itu, pelaksanaan program KTPE di kabuapten Lebak yang rencananya akan dimulai pada April hingga memasuki Mei belum juga terlaksana juga mengisi pemberitaan isu good governance minggu ini.

Selama hampir tiga bulan pemantau melakukan pemantauan, hingga memasuki Minggu ini, kedua media lokal Banten Raya dan Kabar Banten masih terfokus sama pemberitaan-pemberitaan yang terkait isu good governance. Sementara untuk isu yang lainnya seperti HAM dan isu perempuan dan/atau anak masih sangat minim. Selama sepekan melakukan pemantauan, tidak ditemukan indikasi perilaku wartawan yang menyimpang. [fs]

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "Pemilukada Makin Ramai"

Lacak balik untuk tulisan ini

  1. Tiga Bulan Memantau, Proporsi Isu Tidak Seimbang | ( akumassa )

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //