Jokowi Berkunjung Lagi

Jokowi (Sumber, article.wn.com)

Hasil pemantauan media lokal di Jakarta yang diwakili surat kabar Berita Kota dan Warta Kota, menghimpun 112 berita sejak tanggal 16 hingga 22 April 2012. Dari jumlah keseluruhan terdiri, dari 56,25% isu good governance, 26,78% isu kriminalitas, 9,82% isu HAM dan sisanya, 7,14% terdiri dari isu perempuan dan/atau anak dan isu lingkungan hidup.

Selama sepekan ini, isu good governance yang terbahas umumnya tentang kelanjutan kasus suap dan korupsi yang melibatkan politikus dari demokrat yang berakhir pada vonis 4 tahun untuk M. Nazaruddin. Kemudian, redaksi juga cukup banyak menyajikan berita tentang situasi politik di Jakarta terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah di wilayah ini.

Menariknya, pada berita Hari Selasa (17/4), baik Warta Kota maupun Berita Kota memunculkan berita tentang kunjungan bakal calon gubernur (balongub) dari Solo, Joko Widodo, ke redaksi kedua surat kabar itu. Berita yang muncul di halaman muka itu jelas condong memberikan pencitraan Jokowi di hadapan publik. Apalagi jika saya melihat berita yang diterbitkan Berita Kota yang berjudul, Dulu Golput Kini Kotak-kotak. Berita itu menyajikan hasil wawancara dengan Bimbim Slank yang mengaku mendukung Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta. Sudah tentu, Bimbim yang memiliki banyak penggemar, pendapatnya dapat menggiring suara untuk mendukung Jokowi.

Selanjutnya, untuk isu kriminal, kedua media tersebut banyak membahas kelanjutan sikap aparat dalam memberantas aksi geng motor yang cukup meresahkan warga, khususnya yang tinggal di Jakarta Utara. Tapi, jika saya perhatikan, aksi geng motor tiba-tiba mencuat ramai saat Pemilukada DKI Jakarta sedang dipersiapkan. Timbul kekhawatiran pada diri saya, bahwa aksi kriminal ini ada sangkut-pautnya dengan Pemilukada. Menurut saya, ada baiknya jika kedua media tersebut melakukan investigasi terhadap dua isu tersebut. Tujuannya, untuk memberikan informasi yang terbaik dan eksklusif untuk warga Jakarta.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //