GEMPA MENJELANG PEROLEHAN HASIL PILAKADA

Oleh / pada 18 April 2012 / di Kota // 1 Komentar

Dari pemantauan selama seminggu terhitung tanggal 9 – 15 April 2012 menunjukkan isu good governance dan kriminalitas masih jadi isu yang paling banyak disajikan di pemberitaasn kedua media Harian Serambi Indonesia dan Prohaba. Masing-masing berjumlah 42 dan 28 berita dari 107 berita keseluruhan. Lingkungan juga cukup banyak hingga 18 berita.

good governance tentu saja banyak menyajikan berita tentang pilkada yang berlangsung 9 April 2012. Kemudian pada tanggal 10 April 2012 keluar hasil melalui quick count (penghitungan cepat) dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan beberapa lembaga survey lainnya bahwa kandidat yang diusung Partai Aceh (PA) Zaini Abdullah/Muzakir Manaf sebagai kandidat yang unggul dengan perolehan suara samapai 55 persen. Sementara dari jalur independen pasangan Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan hanya memperoleh suara sekitar 28 persen. Namun hasil resmi akan diumumkan KIP (Komisi Independen Pemilihan) di Tanggal 17 April 2012.

Isu lainnya yang cukup menyita perhatian adalah isu kriminal yang terus terjadi terkait lanjutan kasus terhadap timses Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan dan beberapa isu lain terkait kecurangan pilkada. Namun ada yang lebih mencuri perhatian media terhadap isu gempa yang terjadi Rabu 11 April 2012 sekitar jam 15.30 WIB. Kemudian disusul  gempa kedua sekitar jam 17.45 WIB. Keduanya 8,5 Skala Rither (SR) dan 8.1 SR. kepanikan warga bukan hanya karena gempa kuat yang mengguncang Aceh. Namun karena sirine tsunami berbunyi secara otomatis.

Dari semua berita di Harian Serambi Indonesia sudah cukup mencakup seluruh isu lokal yang ada. Penyajiannya pun imbang. Namun sangat disayangkan belum terlalu jelas mengenai gempa susulan yang bisa diprediksi. Karena setelah dua gempa utama banyak gempa susulan kecil yang terus muncul. Namun lebih baik dari pada harian prohaba yang belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal.

Berita yang disajikan malah berita dari luar Aceh. Yang kebanyakan menggunakan bahasa dan kalimat yang cukup ekstrim. Seperti bahasa-bahasa yang mampu membuat psikologis seseorang terbentuk menjadi psikologis yang psikopat. Karena pemberitaannya apabila dibaca secara keseluruhan tidak memperhatikan kalimat dan pemilihan kata yang baik didalamnya.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Maina Sari, Lahir di Lambadeuk, Aceh Besar, 25 Agustus 1987. Lulusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN Ar-Raniry) Banda Aceh. Sekarang Aktif di Radio Flamboyant FM Banda Aceh dan Akumassa.

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "GEMPA MENJELANG PEROLEHAN HASIL PILAKADA"

Lacak balik untuk tulisan ini

  1. Tiga Bulan Memantau, Proporsi Isu Tidak Seimbang | ( akumassa )

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //