Kinerja Kepolisian yang Fluktuatif

Oleh / pada 10 April 2012 / di Isu, Jember, Jawa Timur, Kota, Kriminal // 1 Komentar

Polisi Disandera Warga (Radar Jember)

Hasil pemantauan pada minggu ini (2 – 8 April 2012) menyimpulkan bahwa isu kriminalitas menjadi isu yang paling dominan (41% dari total berita). Menyusul kemudian isu good governance (39% dari total berita), isu lingkungan (13% dari total berita). Isu perempuan dan anak meningkat dari minggu sebelumnya (7% dari total berita). Isu HAM masih nihil.

Radar Jember selama seminggu ini selalu memberitakan perkembangan acara yang mereka prakarsai, yaitu Ajang Siswa Kreatif (ASIK). Mulai dari pembukaan acara sampai pada pelaksanaan acara setiap harinya. Sebagai pembaca, saya kembali mempertanyakan perihal berita itu. Saya lagi-lagi kesulitan membedakan berita dengan iklan. Lepas dari substansi acara yang memang bermanfaat, sebagai pembaca, saya rasa berita itu tak layak muat.

Tentang isu kriminalitas, ada berita menarik. Ratusan warga di Dusun Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu menyandera dua polisi selama 8 jam. Hasil pemberitaan menyebutkan bahwa kedua polisi tersebut diduga melindungi beberapa nelayan dari luar daerah yang menggunakan potasium saat melaut. Padahal sebelumnya polisi telah menangkap dua orang nelayan setempat yang diduga melakukan hal serupa, menggunakan potasium saat melaut.

Pemberitaan itu menjadi titik balik kinerja kepolisian selama lima hari sebelumnya. Selama lima hari berturut-turut, Radar Jember selalu memberitakan kinerja positif kepolisian, mulai dari penangkapan raja begal sampai pada pengungkapan kasus pencurian motor yang hanya butuh waktu kurang dari 24 jam. Apakah ini yang dimaksud dengan pemberitaan yang berimbang? Saya rasa tidak.

Mengenai jemberpost.com, setelah pekan lalu sukses mengunggah 5 berita, pekan ini kembali turun menjadi 4 berita. Saya tekankan lagi, ini jumlah berita selama sepekan. Bukan perhari. Bisa dibayangkan bagaimana rumitnya kondisi internal jemberpost.com kan? Kalau tidak bisa membayangkan, hilangkan saja jemberpost.com dari list alamat portal berita yang rencananya akan anda baca.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Dengan gegap gempita, saya dilahirkan dengan nama Muhammad Qomarudin pada tahun 1988. lalu, akhir-akhir ini lebih akrab dengan nama como. tak pernah ada penjelasan untuk itu. sekarang intim di KBT (Kelompok Belajar Tikungan) sambil kerja sampingan sebagai mahasiswa di Universitas Jember

Lihat semua tulisan

1 Komentar pada "Kinerja Kepolisian yang Fluktuatif"

Lacak balik untuk tulisan ini

  1. Serunya Berita Lokal Sebulan Ini: Ternyata Perilaku Media Jelas Terlihat dari Penyajian Beritanya | ( akumassa )

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //