Hari Minggu Hari yang Ringan

Potongan gambar dari Radar Depok dan Jurnal Depok, edisi 8 April 2012.

Hasil pemantauan yang telah dilakukan pada tiga koran lokal Depok (Radar Depok, Monitor Depok, dan Jurnal Depok) pada tanggal 2 hingga 4 April, 2012 menunjukkan bahwa isu good governance masih paling banyak dibahas, terlihat dari jumlah artikel yang terkumpul sebanyak 55 artikel berita (42,307% dari jumlah total 130 artikel semua berita). Isu selanjutnya adalah lingkungan hidup (31,538%), kriminalitas (13,076%), perempuan dan/atau anak (9,230%), dan yang terakhir adalah isu tentang HAM (3,846%).

Artikel-artikel yang dianggap mengandung isu good governance, berdasarkan hasil kerja pemantauan, kebanyakan membahas persoalan nasional, seperti dampak lanjutan pasca penundaan kenaikan harga BBM. Contoh artikel berita yang paling sering muncul adalah tentang kegusaran Presiden SBY akan koalisinya dan ‘keberanian’ PKS untuk didepak dari Sekretariat Gabungan partai koalisi pendukung pemerintah (lihat berita di Radar Depok, edisi 2, 4, 5 dan 8 April 2012; dan Monitor Depok, edisi 4-5 April 2012). Sedangkan untuk persoalan yang berkaitan dengan wilayah lokal Depok, minggu lalu muncul artikel berita tentang kisruh soal honor pegawai di Kantor Imigrasi Kota Depok (lihat berita di Radar Depok, edisi 2 dan 4 April 2012; di Monitor Depok, edisi 2 April 2012; dan Jurnal Depok, edisi 7 April 2012) dan pemberlakuan kebijakan tentang pelarangan bagi mini market beroperasi 24 jam di Depok (lihat di Radar Depok dan Jurnal Depok, edisi 3 April 2012; dan Monitor Depok, edisi 7 April 2012). Selain itu, aksi dari Pemerintah Kota Depok yang akan menggelontorkan dana sebesar 10 miliar untuk korban bencana angin kencang (beliung) yang melanda Depok minggu lalu (lihat Radar Depok, edisi 4 April 2012; dan Jurnal Depok, edisi 4-5 April 2012) juga menarik untuk diperhatikan.

Setelah melakukan pemantauan selama dua bulan lamanya, terutama minggu lalu, pemantau menjadi tersadar bahwa sajian dari tiga koran lokal tersebut pada Hari Minggu tidak begitu berarti (untuk Monitor Depok, pada Hari Minggu, koran ini memang tidak terbit). Radar Depok, yang biasanya selalu menyajikan kolom lokal, pada Hari Minggu cenderung menyajikan artikel-artikel ringan yang menurut pendapat pemantau kurang memiliki signifikansi dengan kepentingan masyarakat lokal. Sedangkan Jurnal Depok, masih seperti biasa, hanya terdiri satu halaman saja (bahkan untuk membedakan mana yang menjadi berita utama dan tidak pun susah).

Mungkin ini memang kebijakan dari perusahaan media yang bersangkutan untuk ‘berlibur’ di Hari Minggu dan menyajikan berita yang ringan. Akan tetapi, alangkah lebih baik jikalau isu-isu lokal yang bersifat urgent tidak terkendala oleh Hari Minggu. Sebab, kalau memang mengaku sebagai surat kabar harian, tidak ada kata berhenti melayani masyarakat setiap hari untuk mendapatkan informasi yang penting (penting dalam arti yang sesungguhnya).

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Manshur Zikri (21 tahun) adalah seorang mahasiswa Program Studi Kriminologi, FISIP, Universitas Indonesia. Saat ini dia menjadi salah seorang pemantau dalam Program Pemantauan Media Berbasis Komunitas, Forum Lenteng, untuk perwakilan lokasi Kota Depok. Selain aktif berkegiatan di Forum Lenteng, Zikri juga aktif dalam kegiatan jurnalisme warga bersama komunitas akumassa Depok, SUBURBIA, yang mengkaji persoalan sosial, budaya dan media di Kota Depok dan sekitarnya.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //