Perihal HAM Meningkat Saat Demo BBM Tiba

Oleh / pada 2 April 2012 / di DKI Jakarta, Hak Azazi Manusia // 2 Komentar

Unjuk rasa kenaikan harga BBM (sumber, antaranews.com)

Selama satu minggu, sejak tanggal 26 Maret hingga 1 April 2012, terpantau 108 artikel dari dua media Berita Kota dan Warta Kota. Isu good governance masih duduk dipuncak dengan presentase 62,97% dan diikuti isu kriminalitas dengan presentase 17,59%. Namun, ada kenaikan frekuensi pada isu Hak Asasi Manusia (HAM). Isu ini biasanya hanya mencapai 7%, minggu ini terpantau hingga 13,89%. Sisanya terbagi dalam isu perempuan dan/atau anak dan isu lingkungan hidup.

Peningkatan kemunculan isu HAM disebabkan pada minggu kemarin, peristiwa massa di Indonesia, khususnya Jakarta sedang ramai-ramainya. Hal ini terkait aksi unjuk rasa tentang persoalan akan dinaikannya harga bahan bakar minyak (BBM) bersudsidi antara 5-15%.

Saya melihat kedua media yang diasuh Kompas Gramedia Grup ini mengemas berita dengan nada yang cukup provokatif dibanding memberikan informasi yang terjadi apa adanya di lapangan. Misalnya, pada Warta Kota hari Selasa, 27 Maret 2012, terdapat berita headline yang berjudul ‘BBM Naik, Tangis Bayi Kian Nyaring.’ Memang, hal ini terkesan memberikan dukungan kepada masyarakat kecil yang mungkin akan mengalami imbas yang serius dalam urusan ekonomi rumah tangganya. Namun, saya mengira secara tidak langsung hal ini juga bisa menjadi penyebab terbakarnya emosi massa, sehingga beberapa aksi di Jakarta kemarin bergitu membara. Meskipun saya juga mengetahui bahwa ada kemungkinan besar ulah provokator yang melakukan hal itu. Akan tetapi sebaiknya media bukan ikut-ikutan menjadi kompor.

Hal ini juga menyebabkan sepinya informasi politik lokal di Jakarta yang sedang akan melakukan Pemilukada pada bulan Juli nanti. Begitu juga dengan informasi kelanjutan sidang korupsi yang sedang berlangsung di beberapa tempat di Jakarta. Secara keseluruhan, belum ditemukan penyelewengan yang serius terkait perilaku bermedia di lapangan dari kedua media tersebut selama satu minggu ini.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

2 Komentar pada "Perihal HAM Meningkat Saat Demo BBM Tiba"

  1. Gondray si Ningrat 4 April 2012 pukul 13:28 · Balas

    Menurut saya, boleh saja media massa memprovokatori masyarakat. Dengan catatan mengenai isu sosial yang bisa dibilang darurat, misal kenaikan BBM. Jadi masyarakat tidak bisu tentang isu sosial, meskipun hanya sebatas diskusi warung kopi.
    Hehehehe..

    • Lulus Gita Samudra 4 April 2012 pukul 19:20 · Balas

      Betul masyarakat memang harus tau dan tidak bisu tentang isu sosial, tapi perlu diketahui juga media tidak perlu memprovokasi, karena tugas media adalah memberikan informasi, kemudain biar publik yang menilai,
      Terima kasih Mas Gondray :)

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //