Jokowi Dikemas Sederhana

Pasangan Jokowi-Ahok (antarafoto.com)

Hasil pemantauan media lokal di Jakarta yang diwakili surat kabar Berita Kota dan Warta Kota terhimpun 104 berita sejak tanggal 19 hingga 25 Maret 2012. Dari jumlah keseluruhan terdiri dari 55,77 persen isu good governance, 17,31 persen isu kriminalitas, 12,5 persen isu lingkungan hidup, 6,73 persen isu perempuan dan/atau anak dan 7,69 persen isu HAM. Dari data tersebut ada sedikit peningkatan pada persentase isu lingkungan hidup, perempuan dan/atau anak dan HAM disbanding minggu-minggu sebelumnya, namun untuk isu kriminaltitas mengalami penurunan.

Menarik untuk membahas isu good governance, karena dalam jangka waktu dekat ini, wilayah DKI Jakarta akan segera melakukan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2012. Dalam masa persiapan menuju jadwal kampanye, media Berita Kota dan Warta Kota yang diasuh grup Kompas Gramedia, sudah menampilkan profil-profil serta janji-janji para cagub dan cawagub yang akan maju nanti. Kemudian terdapat prediksi dari sejumlah pengamat poltik, bahwa Pemilukada nanti kemungkinan berlangsung hingga dua putaran.

Kemudian Berita Kota mulai melakukan jajak pendapat melalui sms sejak dua minggu lalu. Hasilnya, tiga pasangan yang diprediksi akan lolos hingga putaran kedua adalah Alex Noerdin-Nono Sampono, Jokowi-Ahok dan Hidayat-Didik. Pada edisi hari hari Minggu, Berita Kota membuat tiga bingkaian berita dalam satu judul yang isinya membahas sepak terjang Alex, Jokowi dan Hidayat. Sangat menarik ketika saya simak, Berita Kota membuat informasi seputar janji manis dan jargon politik Cagub Alex dan Hidayat. Sedangkan untuk Jokowi, media tersebut justru menginformasikan tentang kesederhanaan Jokowi yang hanya memiliki kemeja kotak-kotak sebanyak dua pasang untuk kampanye.

Begitu juga dengan Warta Kota, pada hari Minggu, di halaman muka media tersebut memberitakan dengan penuturan yang postif tentang Jokowi dan Ahok. Isi beritanyapun bisa dibilang tidak perlu, karena hanya sekedar menginformasikan Jokowi adalah sosok yang hobi mendengar musik metal sedangkan Ahok lebih menyukai musik dangdut.

Hal ini juga terjadi pada berita hari Kamis di Berita Kota. Pada halaman muka terdapat informasi tentang keharmonisan Jokowi dengan keluarga, sehingga sang istri membekali Jokowi jamu kuat untuk menjaga kondisi selama kampanye. Pada artikel itu juga dikabarkan bahwa Jokowi cukup dicintai oleh warga Solo sehingga didukung kuat oleh warganya untuk maju pada Pemilukada DKI nanti.

Melihat berita-berita seperti ini, saya jadi berprasangka bahwa Kompas Gramedia yang membawahi Berita Kota dan Warta Kota memiliki hubungan khusus dengan Jokowi terkait Pemilukada DKI Jakarta nanti. Karena jika saya mereview informasi dari kedua media tersebut pada pertengahan Februari, sempat dikabarkan Jokowi melakukan kunjungan khusus ke kantor Berita Kota dan Warta Kota terkait sosialisasi mobil Kiat Esemka.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Lulus Gita Samudra masih dalam studi tingkat akhir di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Pria kelahiran Jakarta tahun 1989 ini, juga turut aktif di Forum Lenteng sebagai Sekretaris Redaksi akumassa.org. Sebelumnya ia pernah mengikuti workshop akumassa Depok pada tahun 2011. Kini ia sedang membangun sebuah komunitas berbasis massa di Depok, bernama Suburbia.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //