Good Governance dan Kriminal Jadi Isu Dominan

Good Governance dan Kriminal Jadi Isu Dominan

Selama pemantauan dari tanggal 5-11 Maret 2012, Good Governance  masih jadi isu dominan. Masih seputaran pilkada 9 April 2012 mendatang. Banyak yang membahas tentang dana pilkada, baik ditingkat provinsi maupun di daerah kabupaten dan kota. Seperti di Aceh Barat yang sempat tersendat dana, namun untung saja masalah dana juga sudah dititipkan di DPRK atau Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten. Dan kota lain yang juga sudah mendapatkan dana untuk pelaksanaan pilkada.

Pengawas Pilkada (Panwas) juga mengeluhkan masalah dana, baik di Banda Aceh maupun di tingkat kabupaten kota yang mengatakan bahwa kekurangan dana sehingga juga sulit melaksanakan proses pengawasan atau pemantauan untuk para calon kandidat gubernur maupun wali kota serta bupati dan calonnya. Sejumlah 81 berita memang menyangkut masalah kebijakan pemerintah, politik dan juga pilkada.

Berikutnya isu kriminal jadi isu yang cukup hangat terjadi, berita kejahatan berjumlah 35 kasus. Yang paling menghebohkan adalah kasus penembakan Ketua DPRK Lhokseumawe yang mengakibatkan ketua DPRK itu harus dirujuk ke rumah sakit di Medan, Sumatera Utara. Kondisinya kritis karena peluru mengenai paru-parunya. Penembakan diawali oleh ancaman melalui pesan singkat yang dikirmkan ke telepon genggam milik ketua DPRK tersebut.

Namun hingga saat ini belum diketahui pelaku penembakan tersebut, namun aparat kepolisian terus berusaha untuk mencari pelaku penembakan tersebut. Sementara harian Prohaba tetap di dominasi oleh isu kejahatan. Mulai dari kasus penipuan, perampokan, dan sejumlah keterlibatan beberapa anggota kepolisian dalam pemakaian narkoba.

Akan tetapi sangat disayangkan Koran Prohaba tidak mencakup semua isu yang dibutuhkan masyarakat lokal. Berita yang disajikan selalu berfokus pada isu criminal dan pemerkosaan serta pelecehan seksual. Namun isu yang diangkat kebanyakan dari luar Aceh, jadi terkadang berita ini tidak terlalu dibutuhkan oleh warga lokal. Sepertinya spesifikasi Koran ini lebih kepada isu-isu yang berbau kejahatan. Namun disamping itu Koran ini berisi tips-tips menarik yang cukup bermanfaat. Seperti tips motivasi diri dan resep-resep makanan serta hal-hal unik yang terjadi diluar negeri.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Maina Sari, Lahir di Lambadeuk, Aceh Besar, 25 Agustus 1987. Lulusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN Ar-Raniry) Banda Aceh. Sekarang Aktif di Radio Flamboyant FM Banda Aceh dan Akumassa.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //