Jelang Pemilukada Kabupaten Lebak 2013

 

Dari hasil pantauan  dua media lokal Banten dalam sepekan ini (27 Februari-4 Maret 2012), yakni Kabar Banten dan Baraya Post, isu good governance masih menjadi isu yang paling dominan terbanyak diberitakan, yakni  99 berita  (55,61 %) dari total 178berita. Kemudian disusul dengan isu lingkungan hidup sebanyak 40 berita (22,47 %), lalu isu kriminal sebanyak 23 berita (12,92 %) berita. sedang yangmenempati ditingkat paling bawah yaitu isu perempuan dan/atau anak sebanyak 14 berita (7,86%) dan  ham sebanyak 2 berita (1,12%) berita.

Terkait dengan isu good governance yang banyak diberitakan oleh dua media lokal di Banten, baik Kabar Banten maupun Baraya Post, khususnya untuk pemberitaan isu lokal di Kabupaten Lebak, dalam hal ini pemilihan kepala daerah (Pemilukada) menjadi sesuatu yang hangat diberitakan. Seperti apa yang sudah dilayangkan oleh media, nampak sejumlah bakal calon bupati dan wakil bupati mulai bermunculan, baik ada yang dari kalangan anggota parpol maupun dari kalangan para pengusaha, seperti  H.Ade Sumardi (PDIP), H.Suparman SH MSi (Golkar), Sanuji SP (PKS), dan Hj.Iti Oktavia Jayabaya (Demokrat). Adapun untuk di kalangan para pengusahanya yaitu H.Sumantri Jayabaya, H.Irja, dan H.Tusnurochmat.Tersebut dikabarkan akan ikut meramaikan pemilukada yang akan dilaksanakan 2013 mendatang.

Pemangku adat kasepuhan Cisitu, Kec. Cibeber, Kab. Lebak, H.Okri (kiri) berfoto bersama dengan H.Tusnurochmat (kanan) Sumber foto: Dini Hidayat/Kabar Banten

Meski pemilihan bupati masih relatif jauh, tampaknya dari masing-masing bakal calon sudah mengambil ancang-ancang. Hal itu dapat terlihat dari beberapa pemberitaan di media tentang bagaimana para pendukung dari masing-masing bakal calon memaparkan tentang sosok pemimpin ideal yang kelak akan bisa membawa perubahan bagi Kabupaten Lebak. Sebut saja H.Tusnurochmat seorang pengusaha asal Lebak yang dikabarkan akan maju pada perhelatan  perebutan kursi Lebak 1 yang akan digelar 2013 mendatang, dalam beberapa waktu lalu, beliau menyempatkan diri untuk berkunjung ke Lebak Selatan (Baksel) untuk menemui H.Okri Kasepuhan Cisitu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak. Adapun maksud dari kedatangan H.Tusnurochmat yaitu untuk bersilahturahmi dan sekalian meminta restu terkait tentang pencalonannya pada pilbub nanti. Dalam hal ini, H.Okri menuturkan “Terkait kedatangan tamu,yang bersilaturahim untuk meminta saran dan pendapat kepada kami (Kasepuhan Cisitu-red) dalam Pilbup Lebak yang akan di gelar 2013, kami setuju untuk menjadi bakal calon. Karena selain merupakan orang pertama yang bersilaturahim dan mau melakukan sharing bagaimana seharusnya pemimpin Lebak kedepan juga merakyat,”(Kabar Banten, 27 Februari 2012).

Sebagai orang yang hidup ditengah-tengah masyarakat Lebak, saya melihat bahwa kemampuan memilih pemimpin dari masyarakat masih sangat lemah, masyarakat masih belum bisa mengikis nuansa pragmatis dalam pelaksanaan pemilukada. Sistem politik yang dibangun (dengan kekuatan finansial) seakan menciptakan situasi dimana, masyarakat tidak mempunyai banyak pilihan, sehingga menimbulkan kesan memilih karena terpaksa. Seharusnya para media bisa lebih memperhatikan hal yang seperti ini, agar bisa meyakinkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya tanpa harus terpengaruh oleh intervensi dari pihak lain dalam bentuk apapun.

Jika melihat dari frekuensi pemberitaan tentang pemilukada di Lebak dalam sepekan ini, tercatat media lokal Kabar Banten tetap konsisten selalu menyelipkan beberapa artikel seputar perkembangan pemilukada Lebak di beberapa edarannya. Berbeda dengan Baraya Post, jika pada minggu-minggu yang lalu gencar memberitakan seputar pemilukada Lebak, untuk pekan ini tercatat mulai mengalami penurunan menurun. Sehingga masyarakat kurang begitu mendapatkan banyak informasi yang lebih mendetail tentang perkembangan pemilukada Lebak yang akan dilaksanankan 2013 mendatang. [Penulis: Firmansyah]

 

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Pria asli Lebak, Banten kelahiran 7 Juni 1988 ini akrab disapa Aboy. Terakhir ia menamatkan pendidikannya di SMAN 3 Rangkasbitung. Selain berwirausaha, sekarang ia aktif di kegiatan jurnalisme warga akumassa.org sebagai penulis aktif dan pemantau media lokal di Lebak, Banten. Di wilayah tempat tinggalnya, ia juga aktif bersama Saidjah Forum.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //