Suara Warga Yang Harus Disuarakan

Pengamatan yang dilakukan selama tiga hari terhadap media lokal Radar Surabaya ( 23 – 25 Januari 2012 ). Good Governance menjadi salah satu isu yang lebih sering muncul dibandingkan dengan isu lainnya. Dapat dilihat bahwa dari total 27 berita selama tiga hari, 22 diantaranya memberitakan isu Good Governance.

Dominasi headline yang menyuguhkan berita tentang Pemerintahan Kota Surabaya atau yang berkaitan dengan Good Governance lainnya dapat dilihat secara berturut-turut selama tiga hari dalam pemberitaan media massa Radar Surabaya. Sebagai contoh pada 23 Januari 2012, memberitakan Pemerintahan Kota Surabaya dalam rencananya untuk mengelola Kebun Binatang Surabaya ( KBS ) telah final, walaupun Badan Usaha Milik Daerah  ( BUMD ) yang belum dibentuk mengakibatkan pemkot mendapat banyak sorotan. Pada 24 Januari 2012, diberitakan bahwa Pemkot Surabaya akan membeli mobdin dengan total anggaran Rp. 15,6 M.

Isu tentang pemerintah kota begitu gencar diberitakan, sedangkan isu yang berhubungan dengan suara warga lokal jarang sekali ter-cover dengan baik. Pada terbitan 25 Januari 2012 Radar Surabaya memberitakan isu yang berkenaan dengan pembangunan Pasar Turi yang segera dituntaskan, hal ini disampaikan dalam hearing PT Gala Megah Inveshment ( GBI ) selaku investor pembangunan Pasar Turi dengan Komisi B DPRD. Junaedi, selaku Direktur GBI memiliki visi kedepan untuk para pedagang, salah satunya mengirimkan minimal lima orang perwakilan pedagang untuk mengikuti pameran pedagang diluar negeri dan mengadakan beberapa even sebagai salah satu upaya meramaikan kembali Pasar Turi. Tapi sangat disayangkan, sumber perwakilan pedagang untuk menanggapi hal tersebut tidak disajikan secara langsung mengenai adanya keberatan pedagang terhadap pembayaran harga pendaftaran stan yang mencapai Rp. 5 juta.

Pemberitaan yang kurang berimbang ini akan merugikan pihak yang tak muncul dalam menanggapi masalah yang ada. Seharusnya media lokal lebih memperhatikan lagi suara-suara warga lokal yang memang sepantasnya disuarakan.

Be Sociable, Share!

Tentang Penulis

Salah seorang kontributor perwakilan surabaya-jawa timur dalam program pemantauan media berbasis komunitas ini lahir di Wonosobo, Januari 1988. Saat ini masih menyandang status sebagai mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional " Veteran " Jawa Timur. Selain itu ia merupakan anggota dari Komunitas Kinetik Surabaya yang didirikan pada tahun 2010 dan bekerjasama dengan Forum Lenteng dalam program akumassa.

Lihat semua tulisan

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org



© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Dongeng Rangkas // Naga // Radio akumassa //